Seputar Tekno

Ini Teknologi yang Diramalkan Punah di Masa Depan!

Technology in the hands of businessmen

Perkembangan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Teknologi beberapa tahun lalu bisa jadi dianggap sudah kuno sekarang ini. Sebagai contoh, dulu handphone QWERTY adalah barang mewah, sekarang dipandang ketinggalan zaman jika dibandingkan smartphone berlayar sentuh. Hal tersebut menunjukkan bahwa teknologi hari ini bisa tergantikan oleh inovasi teknologi di masa mendatang.

Ini Teknologi yang Diramalkan Punah di Masa Depan!

Berikut ini adalah teknologi yang diramalkan punah di masa depan :

1. Remote Control
Keberadaan remote control bisa jadi menghilang di masa depan. Penyebabnya antara lain konsep internet of things atau IoT yang semakin berkembang. Konsep IoT diperkirakan menjadi sesuatu yang mainstream di bidang komunikasi melalui jaringan internet. Dengan semakin banyak perangkat yang terhubung dengan internet, cara manusia dalam berinteraksi pun bisa berubah. Segalanya mungkin diatur dengan satu pengendali terpusat. Oleh karena itu, remote control sebagai pengendali terpisah bisa jadi tergantikan oleh sistem yang lebih canggih.

2. Password
Password atau kata sandi digunakan untuk verfikasi diri dalam sebuah sistem keamanan. Password biasa digunakan untuk mengakses akun media sosial, layanan e-mail, hingga membuka kunci layar smartphone. Namun ternyata, password memiliki kekurangan karena tidak jarang masih bisa diretas. Teknologi biometrik disebut-sebut bakal menggantikan password, seperti sensor sidik jari, pemindai iris mata, pengenal suara, dan lain sebagainya. Meskipun memiliki risiko keamanan tersendiri, teknologi biometri sudah bisa dijumpai di beberapa smartphone menengah ke atas.

3. USB Flash Drive
Di era 1990-an, kita mengenal disket sebagai media penyimpanan dan transfer data. Tidak butuh waktu lama bagi USB Flash Drive untuk menggantikan eksistensi disket. Flashdisk, demikian kita mengenalnya perlahan menjadi pilihan utama untuk melakukan transfer data. Selain tersedia dalam berbagai kapasitas, bentuknya pun ergonomis sehingga praktis disimpan dan dibawa ke mana saja. Namun kini, kehadiran layanan penyimpanan berbasis komputasi awan sepertinya mengganggu USB Flash Drive. Selain kapasitasnya lebih besar, cloud online mulai banyak digunakan karena kemudahan bertukar data juga menjadi keunggulan. Pengguna tidak perlu bertemu langsung, seperti pada penggunaan flashdisk.

4. Dokumen Kertas
Penggunaan kertas, seperti dokumen dan surat perjanjian bisnis, diprediksi semakin berkurang. Hal ini antara lain juga disebabkan semakin seringnya penggunaan dokumen berbasis komputasi awan di dalam kegiatan bisnis. Proses yang disebut dengan “cloud agreements” ini diperkirakan menjadi sesuatu yang populer di masa mendatang. Selain hemat biaya, penggunaannya pun lebih efisien. Tidak hanya itu, file berbasis komputasi awan juga lebih aman karena dapat dikirim langsung ke penerima sehingga tidak memerlukan perantara.

5. Transaksi Keuangan Fisik
Transaksi keuangan saat ini dilakukan dengan uang kertas, cek, kartu kredit, ataupun kartu ATM. Tidak lama lagi, hal tersebut diramalkan punah di masa depan. Sulit dipercaya jika suatu hari nanti manusia tidak akan lagi menggunakan barang-barang tersebut. Di antara penyebabnya adalah kecenderungan masyarakat untuk beralih menggunakan transaksi online, seperti transfer uang, pembayaran tagihan, dan juga belanja online. Transaksi seperti ini turut didukung oleh sektor perbankan yang menyediakan layanan-layanan yang dimaksud.

Semoga bermanfaat!