Seputar Tekno

HTML Editor Terbaik

Pada dasarnya, sebuah HTML editor yang baik harus mampu melakukan dua hal berikut dengan baik : syntax highlighting (memberi warna-warna untuk membedakan masing-masing kode) dan autocompletion (melengkapi kode yang hendak ditulis secara otomatis). Beberapa fitur tambahan seperti konfigurasi tema merupakan hal yang sangat baik, yang tidak hanya sekadar untuk menyesuaikan selera kita, tetapi juga dapat mengurangi kelelahan pada mata.

HTML Editor Terbaik

Dengan pertimbangan-pertimbangan tersebut, berikut kita bisa melihat beberapa aplikasi yang berhasil masuk daftar HTML editor terbaik.

1. Adobe Dreamweaver

HTML Editor Terbaik 1 Jika bicara soal desain web, sulit untuk tidak terpikir tentang Adobe Dreamweaver. Ia mampu mengelola setiap aspek dari suatu halaman web dan mendukung berbagai bahasa pemrograman, terutama yang kerap digunakan untuk desain web, seperti HTML, PHP, CSS, JavaScript, dan XML. Ia memiliki karakteristik sebagai aplikasi WYSISWYG – What You See Is What You Get. Dengan kata lain, ia mampu menampilkan bentuk output dari proses koding kita. Adobe Dreamweaver sangat mudah digunakan, user-friendly, bahkan bisa digunakan orang yang belum berpengalaman di dunia HTML sekalipun. Bekerja di platform Windows dan Mac OS.

2. PHPDesigner

HTML Editor Terbaik 2 Alih-alih membenamkannya sebagai bahasa koding tambahan, PHPDesigner adalah aplikasi HTML editor yang didesain untuk website-website PHP (website dengan extension .php). Ia mendukung beberapa bahasa pemrograman, termasuk HTML, CSS, PHP, dan JavaScript. Kekuatan utamanya terletak pada fitur syntax highlighting yang berfungsi untuk masing-masing bahasa koding dan pemeriksaan syntax secara real-time untuk HTML/XHTML, PHP, dan CSS. Kemampuan real-time syntax check ini sangat berguna untuk mencegah typo yang kerap terjadi dalam koding. PHPDesigner juga memiliki fitur code completion, snippets, dan library, dengan layout yang rapi dan intuitif. Bekerja di platform Windows.

3. CoffeeCup HTML Editor

HTML Editor Terbaik 3 CoffeeCup HTML Editor terbilang sebagai aplikasi desktop sederhana yang dapat diandalkan untuk membuat dan mengelola proyek HTML atau CSS. Ia bisa dipakai di Windows maupun Mac OS X. Dilengkapi dengan fitur quick startup, site preview, syntax highlighting yang sederhana, kemampuan validasi kode, serta sinkronisasi FTP.

4. Sublime Text

HTML Editor Terbaik 4 Salah satu aplikasi text editor yang sangat populer karena serba bisa dan bersifat cross-platform. Dapat digunakan di Windows, Mac OS X, maupun Linux. Memiliki berbagai fitur dan opsi yang membuat pekerjaan koding menjadi lebih nyaman dan praktis, tidak hanya karena syntax highlighting, melainkan juga karena kemampuan split editing, multiple selection, shortcut, serta fitur command pallete. Tampilannya intuitif dan dapat dikustomisasi sendiri.

5. Notepad++

HTML Editor Terbaik 5 Butuh sesuatu yang sederhana, ringan, tetapi powerful? Notepad++ jawabannya. Aplikasi gratis buat sistem operasi Windows ini memiliki tampilan yang sederhana, mirip dengan Notepad memang, tetapi ia dilengkapi dengan sederet fitur amat bermanfaat yang dibuat khusus untuk mendukung pekerjaan koding, seperti syntax highlighting dan syntax folding, autocompletion, macro, FTP browser, dan customizable shortcut. Selain itu, Notepad++ juga memungkinkan metode drag-and-drop untuk memasukkan perintah atau deret kode tertentu. Kita bisa membelah tampilan layar dengan fitur split screen editing guna mengedit kode di beberapa baris berbeda, dan untuk memudahkan pergerakan kita bisa mengaktifkan fitur synchronized scrolling. Pilihan utama HTML editor gratisan untuk platform Windows.

Semoga bermanfaat!