Seputar Tekno

Fungsi Lain Tombol Volume yang Harus Diketahui

Tombol volume adalah tombol wajib yang pasti ada di setiap smartphone, baik itu smartphone Android atau iOS. Tanpa adanya tombol volume, Anda tidak bisa menaikkan atau menurunkan suara untuk notifikasi atau lagu. Namun tahukah Anda bila tombol volume bukan hanya untuk itu saja? Maka dari itu, mari simak beberapa fungsi lain tombol volume yang harus diketahui dan mungkin bisa berguna untuk Anda nantinya.

Beberapa waktu lalu, kami telah menjabarkan tentang 2 cara mengatur suara saat tombol volume rusak. Dan pada kesempatan kali ini, kami akan memberitahukan berbagai macam fungsi lain dari tombol volume yang mungkin belum Anda ketahui sampai saat ini. Lantas apa sajakah itu? Berikut ini fungsi lain tombol volume yang harus diketahui:

1. Screenshot
Fungsi ini memang sangat familiar bagi Anda yang gemar menjepret layar jika ada yang menarik bukan? Ya, fungsi tombol volume yang paling sering digunakan adalah untuk screenshot. Menyimpan tangkapan layar memang dapat dilakukan dengan menekan tombol volume down dan tombol power secara bersamaan, maka secara otomatis hasil screenshot akan tersimpan.

2. Menghidupkan Layar Smartphone
Anda juga bisa menghidupkan layar smartphone dengan menekan tombol volume. Jika nanti tombol power yang biasa Anda pakai untuk menghidupkan layar sudah rusak dan ponsel Anda tidak mempunyai fitur double tap to wake, maka Anda bisa mengubah fungsi tombol volume tersebut jadi tombol power.

3. Zoom In atau Out Pada Kamera
Saat ini, aplikasi kamera mendukung penggunaan tombol volume dalam user interface smartphone. Karena itulah, Anda dapat mengubah fungsi tombol volume menjadi shortcut untuk zoom in dan zoom out ketika membuka kamera.

4. Menangkap Foto
Selain dapat zoom in dan zoom out, Anda juga dapat mengubah tombol volume menjadi tombol Shutter atau pengambil gambar. Oleh karena itu, Anda tak perlu repot menyentuh layar ketika ingin mengambil gambar atau video.

5. Recovery Mode
Kemudian, Anda dapat memanfaatkan tombol volume untuk masuk ke Recovery Mode. Namun, Anda perlu menggunakan kombinasi khusus seperti perpaduan tombol volume dan tombol power saat menyalakan ponsel. Selain untuk masuk ke Recovery Mode, tombol volume juga bisa Anda gunakan untuk memilih menu di dalamnya.