Seputar Tekno

Cara Upload Foto ke Google Drive dari Smartphone

Sebagian dari Anda mungkin sedikit bingung ketika memori smartphone sudah terlalu penuh untuk menyimpan foto. Anda bisa menggunakan Google Drive sebagai alternatif solusinya. Anda bisa memindahkan sebagian foto dari memori smartphone ke layanan penyimpanan berbasis Cloud tersebut.

Cara Upload Foto ke Google Drive dari Smartphone

Pada perangkat Android, Google Drive merupakan aplikasi bawaan yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai file. Sebagai bagian dari raksasa teknologi Google, aplikasi tersebut menawarkan kapasitas 15 GB ketika pertama kali Anda membuat akun. Sebenarnya jika Anda memiliki akun Gmail, secara otomatis Anda pun mendapatkan fasilitas Google Drive.

Pada tulisan ini, kita akan membahas tentang cara untuk menyimpan atau melakukan upload foto ke Google Drive.
1. Silakan buka terlebih dulu aplikasi Google Drive dari smartphone Anda. Namanya aplikasi bawaan, pasti sudah tersedia sejak pertama kali smartphone dibuka dari bungkusnya. Namun jika belum tersedia, Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store. Setelah terbuka, Anda bisa melakukan tap pada ikon tanda tambah (+) yang terletak di sudut kanan bawah.

Cara Upload Foto ke Google Drive dari Smartphone 1

2. Dari beberapa pilihan yang ditampilkan, Anda bisa melihat bahwa Google Drive tidak hanya digunakan untuk menyimpan foto, tetapi juga file-file lainnya seperti dokumen berbasis Microsoft Office. Untuk melakukan upload foto, Anda bisa melakukan tap “Upload”. Anda kemudian akan diarahkan menuju tampilan lokasi penyimpanan foto.

Cara Upload Foto ke Google Drive dari Smartphone 2

3. Pada umumnya, lokasi penyimpanan foto terletak di aplikasi Gallery. Anda bisa melakukan tap “Gallery” untuk selanjutnya memilih foto mana yang ingin di-upload. Setelah itu, Anda tinggal menunggu hingga proses upload selesai. Jika ingin meng-upload lebih dari satu foto, Anda bisa melakukannya satu per satu.

Cara Upload Foto ke Google Drive dari Smartphone 3

Selain langkah-langkah tersebut, Anda bisa melakukan upload foto ke Google Drive dari smartphone dengan cara lain. Anda bisa melakukannya dari aplikasi Gallery dengan memilih foto dan melakukan tap pada tombol share yang terletak di sudut kanan atas. Pada tampilan selanjutnya, Anda pilih “Save to Drive” dan tunggu hingga proses upload selesai.

Cara Upload Foto ke Google Drive dari Smartphone 4

Sebagai pelengkap, ketika foto sudah tersimpan di Google Drive, Anda bisa membagikannya baik ke media sosial maupun ke aplikasi chatting. Caranya pun tidak kalah sederhana. Melalui aplikasi Google Drive tersebut, Anda memilih foto yang ingin dibagikan. Kemudian, lakukan tap pada ikon titik tiga yang terletak di sudut kanan atas dan pilih “Share Link”. Setelah memilih media atau aplikasi yang menjadi tujuan, foto pun berhasil Anda bagikan.

Cara Upload Foto ke Google Drive dari Smartphone 5

Semoga bermanfaat!