Tips & Trik

Cara Untuk Hemat Listrik Ketika Download (Tanpa PC)

Selain berinteraksi di media sosial, browsing informasi, membalas email atau menonton video, download file tertentu juga merupakan aktivitas paling umum yang dilakukan oleh khalayak ramai terkait dengan internet. Untuk mendownload file, tak dipungkiri masih banyak orang yang menggunakan PC, baik itu dekstop ataupun laptop. Dengan alasan kemudahan dan kenyamanan, sementara aktivitas lainnya seperti surfing media sosial bisa dilakukan di smartphone atau tablet. Memang, banyak yang setuju bila urusan download, lebih mudah dan cepat bila menggunakan PC, namun apakah Anda tahu bila aktivitas itu boros listrik?

Cara Untuk Hemat Listrik Ketika Download (Tanpa PC)

Konsumsi daya pada PC dalam kondisi idle dapat membuat biaya listrik bertambah walaupun hanya menjalankan kegiatan download saja. Daya listrik yang dibutuhkan memang tak terlalu besar namun tetap saja dapat mengakibatkan biaya listrik bertambah terutama bila pengguna tidak melakukan hal lain di PC saat download berjalan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut terdapat cara untuk hemat listrik ketika download tanpa menyalakan PC dalam jangka waktu lama, apalagi kalau file yang di download banyak dan mempunyai size besar. Karena itulah, mulai sekarang Anda harus memanfaatkan perangkat jaringan, seperti NAS yang telah mendukung aktivitas download file dari internet tanpa harus menghidupkan PC Anda. Sayangnya, perangkat NAS masih sangat jarang digunakan oleh pengguna internet di Indonesia. Apakah ada alternatif lain? Tentu aja, Anda bisa memakai Router WiFi.

Router WiFi yang banyak tersedia saat ini semakin canggih dan rata-rata telah dilengkapi fitur khusus bukan sekedar sebagai penghubung jaringan lokal ke internet saja. Beberapa produsen terkenal kini menghadirkan fitur untuk mendukung aktivitas download file dari internet melalui tool di dashboard perangkat. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mendukung biaya listrik yang lebih hemat saat mendownload file tersebut. Router WiFi umumnya akan selalu dinyalakan untuk mengakses internet kapan saja ke semua perangkat yang ada. Router WiFi juga membutuhkan daya listrik yang cukup kecil yakni 3 – 4 Watt saja. Jadi, dengan menggunakan perangkat ini untuk download file dari internet dapat menjadi solusi positif untuk orang yang terbiasa menyalakan PC hanya untuk download saja.

Tentu saja tidak semua Router WiFi dapat digunakan untuk download file. Umumnya, Router WiFi yang sudah di dukung port USB dengan fitur yang mendukung ke storage berbasis USB terpasang. Memang, pengguna tetap akan membutuhkan PC untuk mengatur file apa saja yang ingin di download, namun karena adanya Router WiFi, waktu download pun bisa menjadi lebih cepat dan tidak membuat biaya listrik bertambah.

Sebagai pilihan Anda, tersedia Router WiFi dari produsen Asus yaitu RT-N14UHP. Asus mengatakan bahwa tersedia fitur download file dari internet pada perangkat ini dengan sebutan Download Master. Produsen Router lain tentu saja memiliki istilah berbeda untuk fitur download file mereka, namun biasanya di operasikan dengan cara yang sama.

Router WiFi dari produsen Asus yaitu RT-N14UHP

Cara Untuk Hemat Listrik Ketika Download (Tanpa PC) dengan menggunakan Router Wifi:

1. Menyiapkan Fitur Download
Langkah awal yang harus dilakukan adalah menyiapkan pemasangan storage berbasis USB ke Router dan memasang aplikasi untuk download yang telah disediakan ke dalam Router WiFi tersebut. Untuk, Asus RT-N14UHP, Download Master dapat dipasang melalui menu USB Applications.

2. Download File Berbasis HTTP
Untuk mendownload file berbasis HTTP, Router WiFi dari Asus ini juga membutuhkan link ke file yang akan di download. Link seharusnya dapat langsung di ambil dari situs atau memanfaatkan fitur yang ada pada browser. Setelah mendapat link, Anda dapat memasukkannya di aplikasi download di dalam Router, download pun akan otomatis berjalan walau PC telah dimatikan.

3. Download berbasis Torrent
Selain HTTP, Asus RT-N14UHP juga mendukung download P2P dengan basis Torrent. Download file tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara, tergantung fitur masing-masing Router, baik dengan file.torrent atau memakai Magnet Link. Setelah proses berjalan, pengguna bisa mematikan PC dan membuarkan Router WiFi menyelesaikan download.