Blogging

Cara Schedule Post di WordPress

Meski terkesan sebagai hal remeh, rupanya masih banyak pengguna yang belum mengetahui bahwa WordPress memiliki segudang fitur tersembunyi yang dapat membuat pekerjaan jauh lebih ringan dan praktis. Salah satunya yakni fitur schedule post, sebuah fitur yang memungkinkan kita untuk menjadwal waktu rilis post. Fitur yang sangat berguna ini belum banyak dikenal oleh para blogger pemula.

Cara Schedule Post di WordPress

Dengan schedule post, kita bisa mengatur agar post dipublikasikan pada waktu-waktu tertentu secara otomatis tanpa kita perlu menyentuh komputer maupun gadget kita lagi. Kita juga bisa menargetkan momen rilis post supaya berada di sekitar rentang waktu traffic internet yang tinggi dengan harapan jumlah pengunjung yang datang pun menjadi lebih banyak.

Dalam artikel berikut, kita akan membahas mengenai bagaimana cara schedule post di WordPress.

Mengapa perlu schedule post di WordPress?
Ada rentang-rentang waktu tertentu dalam setiap hari mana kala suatu website menerima lonjakan pengunjung paling besar. Nah, bila Anda tinggal di zona waktu yang berbeda dengan para pembaca website Anda, hal ini bisa jadi masalah. Bayangkan Anda harus bangun jam tiga pagi-pagi buta demi mempublikasikan sebuah post. Menjadwal waktu rilis post akan sangat membantu dalam kondisi semacam itu.

Situasi lain di mana fitur schedule post menjadi sangat berguna adalah ketika Anda hendak pergi liburan bersama keluarga tetapi Anda tidak ingin meninggalkan blog Anda terbengkalai. Sama sekali tidak lucu kalau Anda masih harus berkutat dengan laptop ketika kalian semua tengah berjemur di tepi pantai. Bagaimana Anda menangani masalah ini?

Sederhana. Anda cukup menjadwalkan waktu rilis post. Fungsi ini memungkinkan kita untuk berada beberapa langkah lebih maju dengan menyelesaikan dan menyiapkan artikel-artikel terlebih dahulu. Kita bisa bersiap menghadapi minggu-minggu yang sibuk dengan menjadwalkan publikasi artikel-artikel secara otomatis – tidak perlu menelantarkan blog karena aktivitas real-life.

Bagaimana cara schedule post di WordPress?
Begitu selesai menulis sebuah post, hentikan diri Anda sebelum menekan tombol “Publish”. Lihat opsi yang berada tepat di atas tombol tersebut. Anda dapat membaca sebaris tulisan, “Publish immediately”, bukan? Klik di tulisan “Edit”.

Cara Schedule Post di WordPress 1

Akan muncul beberapa pengaturan tambahan yang berisi tanggal dan waktu. Aturlah tanggal dan waktu tersebut sesuai dengan waktu kapan Anda menginginkan post tersebut dipublikasikan. Kemudian, klik “OK”.

Cara Schedule Post di WordPress 2

Setelah Anda menjalankan langkah-langkah di atas, tombol “Publish” akan berubah menjadi tombol “Schedule”. Jika seluruh isi konten post Anda sudah beres, silahkan klik tombol “Schedule” tersebut. Selesai!

Cara Schedule Post di WordPress 3

Perlu Anda perhatikan, kebanyakan pembaca sangat menghargai konsistensi waktu rilis sebuah blog. Jadi, kalau Anda sering merilis post sekitar pukul 07.30 pagi supaya pembaca bisa membacanya sambil menyeruput kopi, lanjutkan! Jangan terlalu banyak mengubah-ubah waktu rilis. Konsistensi waktu akan membuat pengunjung setia dengan blog Anda.

Semoga bermanfaat!