BloggingTutorial

Cara Pindah Hosting WordPress [Komplit]

Bagi para blogger dan pemilik website berbasis WordPress, ada saatnya untuk berpindah hosting ke tempat lain karena berbagai alasan. Entah untuk upgrade, pindah server ke lokasi yang lebih strategis atau mendapatkan penawaran hosting yang lebih baik dari sebelumnya. Apapun alasannya, memindahkan hosting dari tempat lama ke ‘rumah’ baru adalah perkara yang gampang-gampang susah. Pada tutorial kali ini, kami akan membagikan cara paling lengkap untuk pindah hosting WordPress.

Apa saja yang dibutuhkan?
– File WordPress format ZIP (atau kompresi lainnya)
– Database SQL

Kondisi Pindah :
– Hosting lama & baru sama-sama menggunakan cpanel (WHM)

Cek : Hosting Luar Negri Unlimited Terbaik.

Langkah 1
Kompress folder wordpress lama melalui “file manager’. Silahkan kompres secara utuh ke format apa pun yang Anda inginkan. Gunakan format .zip untuk kondisi yang normal.

Cara Pindah Hosting WordPress

Langkah 2
Download mySQL melalui menu “Backup” di cpanel. Jika Anda tidak mengetahui nama database, silahkan buka WP Config di File Manager dan temukan nama database (database name) disana.

Cara Pindah Hosting WordPress 1

Langkah 3
Pindahkan file ke server baru melalui menu “cron job”. Lakukan ini di hosting baru Anda. Perintahnya adalah “wget http://namadomain.com/filekompres.zip” (tanpa tanda petik). Pastikan Anda mengganti namadomain dengan domain Anda dan filekompres.zip dengan nama file Anda. Set cron job di 5 menit.

Cara Pindah Hosting WordPress 2

Langkah 4
Silahkan tunggu hingga file kompress masuk ke folder “root”. File ini akan masuk secara otomatis pada interval 5 menit. Jika file sudah masuk, pastikan Anda menghapus cron job yang dilakukan pada langkah 3 diatas.

Langkah 5
Masukkan nama domain ke “addons domain” jika domain merupakan addons di hosting baru. Jika domain bukan addons, lewatkan instruksi ini.

Langkah 6
Restore database yang di download pada “Langkah 2” di hosting baru. Caranya adalah masuk ke Backup dan lakukan restore database.

Cara Pindah Hosting WordPress 3

Langkah 7
Dari cpanel hosting baru, masuk ke menu MySQL, buatlah username baru dan passwordnya. Sambungkan username tersebut dengan database yang baru saja diupload pada step 6. Pastikan Anda mencentang seluruh granted pada pilihan yang diberikan.

Cara Pindah Hosting WordPress 4

Langkah 8
Ekstrak file yang sudah dipindahkan ke folder yang sesuai di hosting baru. Jika domain utama, pastikan Anda ekstrak ke “public html”. Jika domain addons, pastikan Anda ekstrak ke folder domain. Jika sudah, bukalah file wp-config dan gantilah database, password dan username sesuai dengan yang baru saja Anda buat di langkah 7.

Cara Pindah Hosting WordPress 5

Langkah 9
Jika langkah 1-8 sudah Anda lakukan semuanya, silahkan pindahkan DNS domain ke hosting yang baru.

Langkah 10
Tunggu proses propagasi hingga 1×24. Seharusnya domain sudah pindah ke hosting baru dan berjalan tanpa kendala sama sekali.

Semoga bermanfaat!