Seputar Tekno

Cara Mudah Menyimpan Banyak Tab di Google Chrome

Sobat Gaptex, apakah Anda termasuk pengguna aplikasi Google Chrome? Sebagai salah satu web browser, Google Chrome boleh dikatakan sebagai web browser favorit yang paling banyak digunakan. Ketika sedang asyik berselancar di dunia maya, Anda mungkin sering membuka banyak sekali tab untuk kemudian dilihat satu per satu. Setelah dibaca, Anda ingin menyimpan semua tab itu untuk dibaca lagi suatu waktu. Jika melakukan bookmark satu per satu, hal ini terkesan buang-buang waktu, terlebih bila tab yang dibuka mencapai belasan hingga puluhan.

Cara Mudah Menyimpan Banyak Tab di Google Chrome

Berikut ini kami memiliki cara untuk menyimpan semua tab di Google Chrome dengan mudah dan ringkas.

1. Sebagai langkah pertama, Anda perlu memastikan bahwa fitur “bookmark bar” telah diaktifkan. Anda dapat mengeceknya dengan membuka sub menu yang ada di sebelah kanan atas. Klik pada kotak tiga garis pendek horizontal, lalu arahkan kursor pada “Bookmarks” dan klik pilihan “Show bookmarks bar”. Lakukan kembali langkah tersebut untuk memastikan tanda centang seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Cara Mudah Menyimpan Banyak Tab di Google Chrome 1

2. Langkah berikutnya adalah mengarahkan kursor ke tab bar. Klik kanan lalu arahkan kursor pada pilihan “Bookmarks all tabs”. Klik di sana untuk memulai penyimpanan tab.

Cara Mudah Menyimpan Banyak Tab di Google Chrome 2

3. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan tampilan pop-up yang meminta Anda untuk mengisi nama folder simpanan untuk semua tab tersebut. Anda juga bisa mengatur lokasi penyimpanan sesuai dengan keinginan. Anda pun bisa membuat folder baru yang sekiranya memudahkan pekerjaan Anda. Setelah langkah ini selesai, klik “Save” untuk menyimpan folder tab yang telah dibuat.

Cara Mudah Menyimpan Banyak Tab di Google Chrome 3

4. Proses penyimpanan sudah selesai. Untuk membukanya, Anda kembali lagi ke sub menu dengan klik pada kotak garis pendek horizontal di sebelah kanan atas, lalu arahkan kursor pada “Bookmarks”. Pada pilihan yang paling bawah, terlihat folder yang telah Anda buat tadi. Anda cukup mengarahkan kursor ke sana untuk membuka kembali tab-tab yang telah disimpan sebelumnya.

Cara Mudah Menyimpan Banyak Tab di Google Chrome 4

Apabila suatu waktu Anda merasa bahwa folder tab tersebut tidak lagi dibutuhkan, Anda bisa menghapusnya. Anda cukup melakukan klik kanan pada folder tab tersebut, lalu klik “Delete”. Tidak terlalu sulit, bukan?

Semoga bermanfaat!