Tips & TrikTutorial

Cara Mudah Menghapus Iklan di OLX

Saat ini OLX telah menjadi salah satu media jual-beli online termahsyur di Indonesia. Bagaimana tidak, dengan pengiklanan yang super gencar di berbagai media massa, tampilan website yang user-friendly, keamanan yang baik, serta kemudahan-kemudahan yang diberikan untuk melakukan jual-beli, membuat OLX menjadi media online yang terpercaya.

Cara Mudah Menghapus Iklan di OLX

Dengan adanya media jual-beli online seperti OLX, penawaran barang tidak lagi terkendala masalah ruang dan waktu, karena Anda hanya perlu mengiklankan barang yang akan Anda jual di OLX.  Memasang iklan di OLX terbilang mudah. Anda cukup membuat akun di OLX (bagi yang tidak suka memiliki terlalu banyak akun online bahkan bisa log-in memakai akun Facebook atau Google+ saja), kemudian tinggal memasang iklan dengan mengisi form online yang disediakan. Dan yang terpenting, iklan yang dipasang tidak dipungut biaya alias gratisss.

Dengan kemudahan yang telah diberikan, datang pula tanggungjawab. Bagi pengiklan yang barangnya sudah terjual, mereka harus menghapus iklan barang tersebut di OLX agar orang tidak lagi mencari si penjual untuk membeli barang yang sudah tidak ada lagi tersebut.. Hal demikian tentu saja akan menyia-nyiakan waktu baik pembeli yang terlambat maupun penjual. Oleh karena itu, menghapus iklan dari barang yang telah terjual tentu hal yang penting.

Nah, jika Anda bingung bagaimana cara menghapus iklan dari barang Anda yang telah terjual di OLX atau paling tidak meng-update status barang sebagai “telah terjual”, maka artikel ini akan dapat membantu Anda. Berikut ini cara menghapus iklan di OLX.

1. Tentu saja, buka terlebih dahulu homepage OLX.

Cara Mudah Menghapus Iklan di OLX 1

 

2. Klik Menu “Akun Saya” (tulisan berwarna biru di kanan atas), kemudian masukkan e-mail dan password akun Anda pada kotak yang disediakan. Setelah itu, klik “Masuk”.

Cara Mudah Menghapus Iklan di OLX 2

 

3. Anda akan dibawa ke halaman beranda akun Anda. Di sana terdapat daftar iklan Anda yang masih aktif. Pilih iklan yang hendak Anda hapus dengan cara mengklik checkbox di sisi kiri iklan Anda. Kemudian klik “xNon-aktifkan”.

Cara Mudah Menghapus Iklan di OLX 3

4. Akan ditampilkan sebuah jendela pop-up yang menanyakan alasan Anda menon-aktifkan iklan Anda. Silahkan pilih alasan yang sesuai. Lalu, klik “Nonaktifkan iklan”.

Cara Mudah Menghapus Iklan di OLX 4

5. Butuh waktu beberapa saat hingga iklan tersebut benar-benar hilang dari OLX. Sementara iklan yang telah di-nonaktifkan akan berpindah ke bagian “Iklan Non-Aktif”.

6. Jika Anda hendak benar-benar membersihkan riwayat penjualan Anda di OLX, silahkan klik link “Iklan Non-Aktif”, kemudian tandai checkbox di sisi kiri iklan yang hendak Anda hapus (tandai semua jika Anda hendak menghapus semuanya), lalu klik “Hapus iklan” atau “hapus yang dipilih”. Maka, semua iklan non-aktif tersebut akan dihapus total.

Cara Mudah Menghapus Iklan di OLX 5

Adapun Anda juga dapat mengaktifkan kembali iklan yang telah di-nonaktifkan melalui menu ini. Caranya, tandai checkbox di sisi kiri iklan yang hendak diaktifkan kembali, lalu klik “Aktifkan” (di kotak biru di sisi kanan iklan) atau klik “Aktifkan yang dipilih” apabila jumlah iklan yang hendak diaktifkan kembali berjumlah lebih dari satu.

Semoga bermanfaat!