Tips & Trik

Cara Mudah Mengganti Akun Gmail di Android

Akun email yang terdapat pada sebuah perangkat Android merupakan hal penting nomor satu untuk para pengguna smartphone ini. Namun jenis email yang paling umum digunakan untuk akun Android adalah Gmail atau Google-Mail. Gmail merupakan layanan email berbasis web yang disediakan oleh Google secara gratis untuk smartphone Android. Akun gmail tersebut memiliki peranan utama semua produk Google services seperti Youtube, Chrome atau Play Store untuk mengunduh berbagai aplikasi dan games.

Cara Mudah Mengganti Akun Gmail di Android

Bila Anda baru saja membeli ponsel berbasis Android, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat atau memasukkan akun Gmail. Namun bagaimana jika Anda kebetulan sedang membeli ponsel bekas dan di dalamnya masih terdapat akun Gmail pemilik ponsel sebelumnya. Mau tidak mau, Anda harus menghapus akun tersebut dan menggantikannya dengan akun Gmail Anda.

Lantas bagaimana caranya untuk menghapus akun Gmail di smartphone Android? Berikut ini langkah-langkahnya:
· Masuk ke menu Settings atau Pengaturan yang ada pada perangkat Android
· Scroll ke bawah sampai Anda melihat menu Accounts atau Akun, buka dan Klik Google
· Pilih akun Gmail yang Anda ingin ganti atau hapus, lalu Klik Remove Account/Hapus Akun
· Masuk ke menu Gmail lagi, kemudian Anda dapat login dengan akun Gmail yang diinginkan
· Selesai

Selain langkah-langkah di atas, Anda juga dapat mencoba cara kedua di bawah ini untuk mengganti atau menghapus akun Gmail di smartphone Android. Berikut cara-caranya:
· Masuk ke menu Settings
· Pilih menu Application Manager
· Cari kata kunci Google Apps, lalu pilih Clear Data. Umumnya akan muncul tulisan seperti “All information you’ve saved in this application will be deleted permanently”, Klik OK
· Lalu buka aplikasi Gmail, dan login dengan menggunakan akun Gmail yang Anda inginkan
· Selesai

Sangat mudah bukan mengganti akun Gmail di ponsel Android? Kedua cara di atas berguna untuk menghapus akun Gmail yang selanjutnya dapat Anda ganti dengan akun Gmail yang baru sesuai milik Anda sendiri. Hal tersebut nantinya akan sangat berguna untuk menjalankan berbagai keperluan di ponsel Android agar dapat dipakai dengan lancar.

Semoga bermanfaat!