Tutorial

Cara Mudah Membagi Postingan ke Facebook/Twitter Secara Otomatis

Bagi anda yang memiliki blog dan aktif membuat artikel di blog, baiknya Anda tahu cara menarik banyak pengunjung. Tahukah Anda kalau salah satu cara agar blok ramai pengunjung adalah dengan membagikan (share) postingan ke sosial media (sosmed), misalnya saja Facebook dan twitter. Kabar baiknya, untuk membagikan artikel-artikel anda ke sosmed, Anda tidak perlu repot share satu persatu. Karena share artikel bisa dilakukan secara otomatis. Bagaimana caranya?

Cara Mudah Membagi Postingan ke Facebook Twitter Secara Otomatis

Untuk share otomatis ke Google+ sudah tersedia di dashboard blogger dan Anda tinggal mencentangnya saja. Namun untuk share otomatis ke sosmed, Anda memerlukan alat bantu. Alat bantu yang tersedia pun cukup banyak. Namun, kali ini kami akan memberikan langkah share otomatis ke sosmed dengan menggunakan Hootsuite. Karena Hootsuite terbilang populer dan mudah dilakukan untuk pemula.

Berikut kami sajikan cara share artikel secara otomatis ke sosmed :

1. Registrasi
Pertama, buka halaman Hootsuite lalu lakukan pendaftaran. Anda juga dapat mendaftar menggunakan facebook atau twitter. Tapi dalam tutorial ini kita akan menggunakan data email. Caranya klik ‘Create New Account’. Tuliskan email dan username serta password.

Cara Mudah Membagi Postingan ke Facebook Twitter Secara Otomatis 1

2. Pilih sosial media yang akan dipakai
Langkah berikutnya, akan muncul tab baru : ‘Add Your Social Network’. Pilihlah sosmed yang akan dipakai untuk share otomatis postingan blog Anda. Misalnya facebook dan twitter. Caranya : klik saja tombol masing-masing dan ikuti perintahnya hingga selesai. Kemudian klik ‘Done Adding Social Networks’.

Cara Mudah Membagi Postingan ke Facebook Twitter Secara Otomatis 2

3. Setting RRS/Atom
Kemudian, Anda akan dihadapkan pada halaman dashboard Hootsuite. Pilih tab yang ada di sebelah kiri. Pilih setting dan klik RSS/Atom. Jika berhasil, akan tampil gambar berikut.

Cara Mudah Membagi Postingan ke Facebook Twitter Secara Otomatis 3

4. Lalu klik tanda + (Add new Feed). Anda tinggal melengkapi data yang diperlukan

Cara Mudah Membagi Postingan ke Facebook Twitter Secara Otomatis 4

Keterangan :
Feed URL : isi alamat feed blog anda
Network to send feed items to : pilih akan Anda share kemana
Prepend text to each message : isikan kata-kata yang ingin muncul disana

Kemudian klik ‘Save Feed’.

5. Ulangi sampai semua akun yang ingin dihubungkan terkoneksi
Lalu kembali pada blog Anda. Lakukan test, coba buat artikel dan posting. Dan coba lihat ke sosmed yang sudah dihubungkan tadi. Postingan pada blog Anda akan otomatis terbagi di sosmed tersebut.

Semoga bermanfaat!