Seputar Tekno

Cara Mudah Kembalikan File di Flashdisk yang Terhapus Virus

Meski sekarang sudah banyak yang memanfaatkan layanan penyimpanan cloud untuk menyimpan file yang dianggap penting, namun penggunaan flashdisk masih cukup disukai untuk beberapa alasan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa transfer data menggunakan flashdisk berpotensi besar terhadap penyebaran virus. Virus tersebut bisa merusak file yang tersimpan di flashdisk dan menghapusnya. Atau dalam kasus lain, jika flashdisk dihubungkan ke laptop atau komputer lain yang memiliki antivirus terbaik, virus akan terdeteksi dan membuat file yang terinfeksi ikut terhapus secara otomatis.

Cara Mudah Kembalikan File di Flashdisk yang Terhapus Virus

File yang terhapus bisa jadi berisikan data-data penting. Cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan file tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi Command Prompt. Namun sebelumnya, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa file yang terhapus dikarenakan oleh virus atau antivirus.

Caranya sebagai berikut :
1. Sambungkan flashdisk ke laptop/komputer.
2. Masuk ke tampilan Windows Explorer dengan klik kanan pada menu “Start” atau kombinasi tombol “Windows + E”.
3. Lihat lokasi drive flashdisk Anda, kemudian klik kanan di sana dan pilih “Properties”. Jika kapasitas yang ditunjukkan oleh “Used space” tidak nol (0), artinya file yang terhapus hilang karena virus.

Cara Mudah Kembalikan File di Flashdisk yang Terhapus Virus 1

Terhapusnya file dari flashdisk bisa juga dikarenakan file menjadi tersembunyi (hidden files), jadi tidak selalu hilang karena virus atau antivirus. Untuk mengeceknya, cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :
1. Masuk ke tampilan Windows Explorer dengan klik kanan pada menu “Start” atau kombinasi tombol “Windows + E”.
2. Klik tab “Organize” yang terdapat di sisi kiri atas, lalu pilih “Folder and search options”. Selanjutnya, klik tab “View” dan klik tanda bulat pada opsi “Show hidden files, folders, and drives”.
3. Klik “Apply + OK”. Lihat isi flashdisk Anda, apakah file yang terhapus sudah muncul kembali atau belum. Jika belum, artinya Anda harus menggunakan cara yang terakhir, yaitu menggunakan aplikasi Command Prompt.

Cara Mudah Kembalikan File di Flashdisk yang Terhapus Virus 2

Berikut ini cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan file di flashdisk yang terhapus virus dengan Command Prompt.
1. Anda dapat membuka aplikasi dengan dua cara sebagai berikut :
a. Klik “Start” lalu ketik “cmd” di kolom search/pencarian, selanjutnya akan muncul aplikasi yang dimaksud.
b. Klik Start – All Programs – Accessories – Command Prompt.

2. Pada tampilan aplikasi, ketik alamat atau lokasi drive flashdisk. Biasanya, flashdisk berlokasi di drive E, F, atau G. Sebagai contoh, jika flashdisk terbaca di drive E, maka tuliskan “E:” pada aplikasi Command Prompt sampai tampilannya berubah menjadi “E:\>”.

Cara Mudah Kembalikan File di Flashdisk yang Terhapus Virus 3

3. Langkah berikutnya adalah menuliskan perintah “attrib *.* -s -h -r /s /d”, lalu tekan “Enter”. Perhatikan bahwa terdapat spasi di dalam perintah. Tunggu beberapa saat, kemudian lakukan cek apakah file yang hilang sudah kembali ataukah belum. Adapun keterangan dari perintah tersebut adalah :
attrib = perintah dalam bentuk bahasa dos untuk memberikan atribut pada suatu file atau folder,
*.* = semua file atau folder yang memiliki semua ekstensi,
-s = system – arti dari kode ini adalah menghapus atribut protected operating system,
-h = hidden – arti dari kode ini adalah menghapus atribut hidden file,
-r = read only – arti dari kode ini adalah menghapus atribut read only file,
/s = memproses semua file pada folder yang sama dengan lokasi file.bat dan juga semua subfolder di dalamnya,
/d = memproses semua file termasuk foldernya juga.

Cara Mudah Kembalikan File di Flashdisk yang Terhapus Virus 4

Apabila perintah tersebut tidak berfungsi dengan baik, coba Anda ubah sedikit kodenya menjadi “attrib -h -r -s /s /d *.*” atau “attrib -s -r -h -a E:*.* /s /d”. Jika flashdisk berlokasi di drive F atau G, ganti saja huruf E dengan F atau G.

Semoga bermanfaat.