Tips & Trik

Cara Merekam Layar Saat Bermain Game di Android

Game ialah salah satu hiburan paling menyenangkan bagi para pengguna smartphone atau tablet Android. Ada banyak pilihan game yang seru dan unik di Google Play Store seperti COC, Hay Day, Pokemon GO! dan lainnya. Tak jarang, karena terlalu seru Anda ingin merekam layar saat bermain game untuk bisa dilihat di lain waktu. Jika Anda tidak tahu bagaimana melakukan itu, mari simak cara merekam layar sata bermain game di Android yang akan kami terangkan pada artikel kali ini.

Pada kesempatan sebelumnya, Anda telah mengetahui cara merekam video call di Android dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store. Ternyata salah satu aplikasi untuk merekam video call juga bisa digunakan untuk merekam layar saat bermain game, yakni memanfaatkan aplikasi AZ Screen Recorder.

Cara Merekam Layar Saat Bermain Game di Android
AZ Screen Recorder ialah aplikasi perekam layar yang bisa Anda gunakan untuk semua perangkat Android, mulai dari Samsung hingga Smartfren Andromax. Bahkan aplikasi ini bisa berjalan pada smartphone Android tanpa root. Selain itu, resolusi yang dihasilkan pun cukup baik dan tidak memberatkan ponsel ketika merekam.

Adapun langkah-langkah yang perlu Anda lakukan yakni:
· Unduh dan install aplikasi AZ Screen Recorder melalui Google Play Store.
· Buka aplikasi tersebut lalu masuk pada pengaturan atau Setting.
· Di sini, Anda dapat mengatur konfigurasi video seperti resolusi video yang akan direkam. Kemudian, Anda juga harus mengaktifkan ‘Fitur Suara’ agar suara Anda dapat terekam oleh aplikasi.
· Selanjutnya, Anda tinggal klik tombol “Start”, lalu Anda dapat membuka game mana yang ingin dimainkan.
· Untuk menghentikan proses rekam, Anda tinggal klik dua kali pada tombol merah dibagian sudut kanan bawah.
· Selesai.

Selain memakai AZ Screen Recorder, Anda juga bisa menggunakan Google Play Games. Aplikasi ini biasanya aplikasi default bawaan ponsel. Ada banyak fitur yang tersemat, di antaranya mempermudah Anda melakukan track pada game yang sudah dimainkan.

Berikut ini cara merekam layar saat bermain game di Android dengan Google Play Games:
· Pastikan koneksi internet yang Anda gunakan stabil untuk update aplikasi Google Play Games.
· Setelah itu, klik My Games lalu cari permainan yang ingin Anda rekam.
· Kemudian, klik tombol Record dan pilih kualitas video yang ingin di dapatkan.
· Klik tombol Launch.
· Saat Anda sudah masuk ke dalam game, klik tombol Record.