Seputar Tekno

Cara Menyembunyikan IP Address (di Google Chrome & PC Sendiri)

Sobat Gaptex, apakah Anda sedang mencari cara menyembunyikan IP Address Anda untuk berselancar di internet? Apakah Anda hendak menerapkannya di Google Chrome PC Anda sendiri? Jika ya, maka Anda telah membuka halaman yang tepat. Kita akan membahas mengenai bagaimana cara menyembunyikan IP Address di Google Chrome & PC sendiri. Namun, perlu Anda pahami dan ingat dengan baik, tidak ada yang namanya anonimitas seratus persen di internet! Jadi, manfaatkan pengetahuan Anda untuk hal yang baik, bukan untuk tindakan yang tak dapat dipertanggungjawabkan.

Cara Menyembunyikan IP Address (di Google Chrome & PC Sendiri)

IP Address alias Internet Protocol Address adalah suatu label numerik yang disematkan pada setiap perangkat yang terhubung ke sebuah jaringan komputer yang menggunakan Internet Protocol untuk berkomunikasi. IP Address amat penting dalam kelangsungan hidup internet karena bertindak sebagai dua hal, yakni sebagai identitas perangkat dan sebagai alamat lokasi perangkat.

Mula-mula, para desainer Internet Protocol mendefiniskan IP Address sebagai suatu barisan angka 32-bit. Sistem ini lebih dikenal sebagai Internet Protocol Version 4 (IPv4) dan masih digunakan hingga sekarang. Namun, dikarenakan pertumbuhan internet yang begitu pesat dan prediksi bahwa IP Address yang tersedia dapat habis terpakai semua, maka Internet Protocol Version 6 (IPv6) pun diciptakan. IPv6 menggunakan barisan angka 128-bit dan mulai digunakan secara luas sekarang.

Kenapa ingin menyembunyikan IP Address? Jawaban paling umum adalah anonimitas. Orang ingin berpetualang dan beraksi di internet tanpa diketahui identitasnya. Namun, kebanyakan layanan di internet (termasuk sebagian besar proxy yang menawarkan fungsi penyembunyian IP Address) melakukan pencatatan terhadap identitas pengguna mereka, sehingga masih memungkinkan para pakar komputer untuk melacak balik si entitas anonim. Memang, hal tersebut sulit dan memakan waktu, sehingga tidak begitu banyak orang yang tertarik untuk melacak balik. Alasan lain terbilang kurang lazim, tergantung situasi dan keadaan, seperti kebutuhan untuk mengakses informasi yang diblokir pihak tertentu berdasarkan IP Address.

Cara Menyembunyikan IP Address di Google Chrome
Untuk menyembunyikan IP Address Anda di Google Chrome, Anda bisa menginstal salah satu aplikasi atau extension Google Chrome yang menawarkan fungsi penyembunyian IP Address. Silahkan buka Chrome Web Store (https://chrome.google.com/webstore/category/apps) dan lakukan pencarian. Contoh aplikasinya yakni ZenMate, sementara contoh extension-nya yakni Hide My IP, ZenMate Security, Privacy & Unblock VPN, serta Hide My Ass! Web Proxy.

Secara umum, layanan-layanan tersebut bertindak sebagai proxy yang menjembatani browser Google Chrome Anda dengan internet. Ada layanan yang memungkinkan Anda untuk memasukkan IP Address baru sendiri, dan ada juga yang menciptakan IP Address baru secara otomatis dan acak.

Cara Menyembunyikan IP Address PC
Metode di atas bekerja apabila Anda hendak menyembunyikan IP Address ketika mengakses internet melalui Google Chrome saja. Lalu, bagaimana jika Anda ingin menyembunyikan IP Address PC Anda secara keseluruhan?

1. Gunakan layanan web proxy atau Virtual Private Network (VPN) berbasis web
Banyak layanan web proxy maupun VPN yang tersedia di internet yang bisa Anda gunakan untuk menyembunyikan IP Address ketika berselancar melalui browser. Ada yang gratisan, ada pula yang berbayar. Kebanyakan dari mereka sangat amat mudah untuk digunakan – Anda cukup mengisikan alamat web yang dituju, lalu hajar tombol Enter. Contohnya antara lain Hide My Ass, PureVPN, dan ExpressVPN.

2. Gunakan software proxy atau Virtual Private Network (VPN)
Jika Anda malas membuka alamat web khusus terlebih dahulu setiap kali hendak browsing, Anda bisa menginstal dan mengaktifkan software proxy atau VPN. Masing-masing software memiliki pengaturan sendiri-sendiri yang mungkin sedikit berbeda antara satu sama lain, tetapi prinsip kerja secara umumnya sama. Contoh software yang bisa Anda gunakan antara lain Hotspot Shield, SafeIP, dan Bitvise SSH.

Semoga bermanfaat!