Blogging

Cara Menulis Komentar Blog yang Baik dan Melewati Spam Filter di WordPress

Pernahkah Anda berpikir, apa yang membuat suatu komentar blok dianggap baik? Mau tahu cara ampuh melewati spam filter di WordPress? Dalam artikel ini, kita akan mempelajari bagaimana cara menulis komentar blog yang baik dan melewati spam filter di WordPress.

Cara Menulis Komentar Blog yang Baik dan Melewati Spam Filter di WordPress

Komentar merupakan cara bagus untuk berinteraksi dengan blog-blog yang Anda baca. Kebanyakan pemilik website menyukai dan menginginkan komentar. Di mata mereka, komentar menunjukkan bahwa para pembaca menganggap konten mereka menarik dan berguna. Sayang sekali, kini, komentar digunakan oleh spammer dan bot sebagai mekanisme promosi dan pemasaran alih-alih alat komunikasi. Dari pengamatan kami terhadap beberapa komentar terbaik di beberapa blog, komentar-komentar tersebut memiliki beberapa kemiripan.

1. Kenapa Anda Ingin Berkomentar?
Sebelum Anda meninggalkan komentar, Anda perlu menanyakakan pada diri sendiri: kenapa saya ingin berkomentar? Beberapa orang ingin mengenal dan berteman dengan si pemilik blog guna memperluas jaringan dan relasi; yang lain hanya sekadar ingin mengucapkan terima kasih; sebagian lain ingin mengungkapkan bahwa mereka tidak setuju dengan konten blog dan mengekspresikan pandangan mereka. Dengan memikirkan sungguh-sungguh tentang tujuan dari komentar Anda, Anda bisa mendapatkan ide dan pilihan kata yang lebih tepat.

2. Hormat Dan Sopan
Bila ingin didengarkan dan diperhatikan, Anda harus bersikap sopan, hormat, dan ramah. Bahkan bila Anda tidak setuju atau tidak suka dengan suatu isi postingan, Anda harus menyatakan pandangan Anda tanpa menjadi kasar terhadap si pemilik website maupun pengguna lain. Ingat, pemilik website dapat menghapus komentar, menandainya sebagai spam, serta memblokir alamat IP. Kata Margaret Walker, “Friends and good manners will carry you where money won’t go”.

3. Jangan Berkomentar Cuma Buat Backlink
Banyak pengguna yang berkomentar dengan meninggalkan backlink. Padahal, komentar dengan backlink cenderung lebih mudah dianggap sebagai spam. Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa semua link di dalam komentar blog secara default bersifat no-follow. Jika Anda benar-benar perlu meninggalkan backlink, maka pastikanlah bahwa link tersebut relevant. Jika tidak, yah, Anda hanya buang-buang waktu karena kemungkinan besar komentar Anda bakal dihapus.

4. Berikan Nilai Lebih Pada Diskusi
Jika Anda berkomentar, maka tujuan nomor satu Anda haruslah menambahkan nilai lebih kepada diskusi yang tengah berlangsung. Ada banyak cara untuk melakukannya. Misal, bila Anda berkomentar terhadap sebuah daftar barang, Anda bisa memberikan informasi tambahan mengenai barang yang tercantum, atau memberikan alternatif pilihan produk. Menanyakan pertanyaan relevan dan cerdas juga merupakan hal yang bagus. Tetapi, Anda wajib membaca komentar-komentar lain guna memahami arah pembicaraan. Hindari pula mengulang-ulang hal yang sudah pernah disebutkan.

5. Cek Ulang Pengejaan dan Tata Kalimat
Jangan pernah menggunakan ALL CAPS LOCK dalam komentar – tidak sopan! Beberapa pemilik blog sangat disiplin soal spelling dan grammar, jadi Anda mungkin ingin melakukan yang terbaik dalam aspek tersebut. Kebanyakan browser dilengkapi dengan fitur spell-check yang bisa dimanfaatkan. Anda juga bisa memasang fitur Chrome extension seperti Grammarly untuk memeriksa penulisan komentar.

6. Bagikan
Kalau Anda suka dengan sebuah post, kenapa tidak sebarkan post itu ke seluruh dunia? Anda bisa membagikan post itu via tweet, via Facebook, atau bahkan dengan me-reblog-nya di blog Anda sendiri. Dengan demikian, Anda bisa mengikutsertakan lebih banyak orang ke dalam diskusi, sekaligus menunjukkan pada pemilik blog bahwa Anda menyukai dan peduli dengan isi artikel mereka. Cara yang sangat baik untuk berelasi.

7. Berikan Umpan Balik
Komentar diharapkan berisi tentang artikel dan post yang Anda baca. Apabila Anda ingin sekadar menyapa si pemilik blog atau menyampaikan saran lain, akan jauh lebih baik untuk menggunakan contact form. Lebih bagus lagi kalau Anda memberikan komentar keren sekaligus mengirimkan umpan balik melalui contact form. Hubungan lewat dua jalur sekaligus ini akan segera membuat Anda dikenal oleh si penulis.

Semoga bermanfaat!