Tips & Trik

Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10

Seperti yang kita ketahui, saat ini sudah banyak PC maupun laptop yang telah menggunakan sistem operasi Windows terbaru yakni Windows 10. Dengan berbagai keunggulannya, sistem operasi Windows terbaru ini membawa Windows Defender sebagai antivirus bawaan dari Windows 10 pengganti Microsoft Security Essentials. Di sini kami uraikan cara menonaktifkan Windows Defender di Windows 10 untuk Anda.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Tentang Windows Defender
–  Cara menonaktifkan Windows Defender di Windows 10

Dilansir dari Kompas.com, Windows Defender diberikan secara gratis oleh Microsoft di dalam Windows 10. Dan terkadang agar tidak berbenturan dengan aplikasi antivirus Windows lainnya atau perlu menginstal perangkat lunak (software), maka Anda perlu menonaktifkan Windows Defender. Setidaknya ada 2 cara menonaktifkan Windows Defender di Windows 10.

1. Cara Menonaktifkan Windows Defender melalui settings Windows 10

Berikut langkah-langkah menonaktifkannya melalui settings Windows 10:

– Sebelum Anda mengetik Windows Defender, terlebih dahulu mengklik ikon Windows di status bar dan buka aplikasi Windows Defender. Lanjut ketik Windows Defender hingga bertemu dengan opsi aplikasi Windows Defender Security Center.

– Ketika jendela dari Windows Defender Security Center sudah terbuka, lalu pilih menu Virus & treat protection.

– Selanjutnya, Anda akan diberikan informasi tentang penanganan virus dan malware yang telah dilakukan Windows Defender. Maka Anda hanya perlu memilih menu pengaturan Virus & treat protection settings.

– Kemudian Anda hanya perlu menggeser toggle real-time protection dari posisi On menjadi Off untuk mematikan Windows Defender di Windows 10.

– Kemudian akan muncul sebuah pop up yang memastikan Anda dalam menonaktifkan fitur Windows Defender. Pilih YES jika Anda yakin.

– Nah sekarang Windows Defender telah dinonaktifkan dan akan muncul ikon silang berwarna merah jika Anda kembali ke aplikasi menu awal aplikasi.

Catatan:
Cara menonaktifkan Windows Defender seperti di atas dapat bervariasi, tergantung pada update Windows 10 yang diinstal pada PC atau laptop Anda.

2. Cara Menonaktifkan Windows Defender melalui Registry Editor
Untuk langkah kedua, Anda mungkin akan terganggu dan harus memahami perintah yang akan diberikan di menu Registry Editor. Cara tersebut dapat Anda coba dengan beberapa langkah seperti di bawah ini:

– Buka aplikasi Registry Editor dengan membuka Run (Ctrl + R) dan ketik ‘regedit’ lalu tekan Enter. Kemudian akan muncul pop-up dan pilih YES, maka Anda akan dibawa ke Registry Editor. (Baca Juga: Cara Mempercepat Booting Windows Via Registry)

– Kemudian pergi ke direktori sebagai berikut: computer/HKEY_LOCAL-MACHINE/SYSTEM/CurrentControlSet/Services/SecurityHealthService.

– Klik 2 kali pada tombol Start, kemudian ubah Value data: ke 4 dan klik OK untuk melanjutkan prosesnya.

– Untuk merasakan efek dari menonaktifkan Windows Defender, maka Anda harus restart PC atau laptop Anda.

– Untuk mengembalikan ke pengaturan awal, cukup ubah Value data: menjadi 2 kembali dan dilanjutkan dengan langkah yang sama.

Catatan:
Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10 adalah langkah yang sangat berbahaya. Kami menyarankan Anda untuk mengetahui risikonya terlebih dahulu, dan kembali ke pengaturan awal jika Anda telah menonaktifkannya.

Demikianlah, 2 cara menonaktifkan Windows Defender di Windows 10 untuk Anda. Baik dilakukan untuk dinonaktifkan secara sementara maupun secara permanen. Namun, Anda juga harus berhati-hati dengan keamanan PC dan perangkat laptop Anda. Semoga berhasil dan bermanfaat Sobat.