Blogging

Cara Meningkatkan Nilai Readability WordPress

Apa itu nilai readability? Nilai readability merupakan nilai yang menggambarkan seberapa mudah tulisan Anda dapat dibaca dan dipahami oleh pembaca. Jika Anda ingin memiliki website dengan konten yang berkualitas, bukan semata-mata sekadar halaman berisi seabrek keyword, Anda perlu mempertimbangkan nilai readability setiap artikel yang ada.

Cara Meningkatkan Nilai Readability WordPress

Cara paling mudah untuk meningkatkan nilai readability ialah dengan menggunakan layanan tes online yang banyak tersedia di internet. Namun, bila mengkopi atau mengunggah artikel satu demi satu untuk diuji tidaklah memungkinkan, Anda bisa menambahkan tool untuk menganalisis nilai readability secara otomatis langsung di website WordPress, sehingga Anda bisa langsung mengevaluasi dan memperbaiki tulisan yang tengah Anda kerjakan. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara untuk meningkatkan nilai readability di WordPress.

Menambahkan Plugin Analisis Nilai Readability di WordPress
Ada banyak plugin WordPress yang bisa Anda gunakan untuk evaluasi dan analisis. Bila Anda sudah menggunakan plugin Yoast SEO, Anda beruntung, sebab Yoast SEO hadir dilengkapi dengan tool built-in buat analisis isi konten yang dapat sekaligus memerika tingkat readability serta memberikan saran improvisasi.

Bila Anda tidak menggunakan Yoast SEO, atau ingin melihat nilai-nilai dari beberapa tes berbeda, jangan khawatir. Ada plugin-plugin lain yang berfungsi untuk memberikan fitur analisis readability secara khusus, seperti FD Word Statistic. Setelah Anda menginstal plugin tersebut, Anda dapat segera melihat sebuah kotak yang menampilkan analisis tulisan di bawah post editor. Plugin tersebut dapat menampilkan skor readability tulisan Anda menggunakan tes Fog, Kincaid, dan Flesch.

Memahami Nilai Readability
Tes readability secara umum melihat jumlah kalimat per paragraf, jumlah kata dalam tiap paragraf, serta jumlah suku kata. Nilai dari tes Fog dan tes Kincaid menampilkan usia edukasi yang diperlukan untuk memahami tulisan Anda. Semakin besar nilainya, berarti tulisan Anda semakin sulit untuk dibaca. Sementara nilai dari tes Flesch menggunakan skala nol sampai seratus, dimana nilai nol untuk tulisan yang sangat sulit untuk dimengerti dan seratus untuk yang paling mudah dipahami.

Tips Meningkatkan Readability Website Anda
Tool analisis readability merupakan alat yang amat baik untuk meningkatkan kualitas konten. Namun, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan lebih lanjut untuk meningkatkan readability.

Hal pertama yang perlu Anda ingat ialah para pengunjung tidak selalu membaca keseluruhan artikel secara komplit. Kebanyakan, mereka memindai artikel untuk mencari bagian yang menarik atau informasi yang mereka butuhkan.

Dengan menjaga agar kalimat-kalimat Anda tetap pendek, serta menggunakan lebih sedikit kalimat dalam tiap paragraf, tulisan Anda menjadi lebih mudah dipindai dan dibaca. Pelajari dan terapkan bagaimana cara membuat tulisan yang koheren dan kohesif.

Pertimbangkan untuk tidak menggunakan kata-kata yang terlalu sulit. Ganti kata sulit dengan kata yang lebih umum dan lebih mudah dimengerti. Kata-kata sulit membuat tulisan menjadi lebih sukar dibaca.

Tipografi memegang peranan yang amat penting dalam meningkatkan readability. Kalau teks tulisan terlalu kecil, tidak peduli seberapa bagus isinya, jelas artikel Anda menjadi lebih sulit dibaca. Malahan, pengunjung mungkin bakal langsung menutup tab browser yang menampilkan website Anda.

Jangan gunakan terlalu banyak macam jenis font. Pembaca pusing melihat huruf-huruf yang sama tetapi dengan lekuk yang berbeda. Cukup gunakan satu hingga dua jenis font dalam satu halaman.

Pastikan ada cukup jarak dan ruang di setiap halaman. Halaman yang terlalu padat, dengan konten-konten yang berdempetan satu sama lain, sangat menurunkan tingkat readability. Anda bisa menggunakan CSS di dalam stylesheet tema Anda untuk memberikan dan mengatur jarak antar konten.

Semoga bermanfaat!