Blogging

Cara Meningkatkan Batas Ukuran Upload File di WordPress

Anda pasti melihat dan menyadari adanya batas maksimum ukuran file yang dapat di-upload di halaman Media Uploader pada WordPress. Batas itu dapat berbeda-beda bagi setiap orang, tergantung dari penyedia layanan hosting yang digunakan serta paket hosting yang dipilih. Ada hosting yang memiliki batas ukuran upload begitu rendah, semisal 2 MB. Batas maksimum 2 MB jelas tidak cukup untuk mengunggah file video maupun audio. Ya, kebanyakan file gambar memiliki ukuran di bawah 2 MB, jadi paling tidak Anda masih dapat meng-upload gambar dengan baik menggunakan layanan hosting tersebut. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara meningkatkan batas ukuran upload file di WordPress.

Cara Meningkatkan Batas Ukuran Upload File di WordPress

Catatan : Tutorial ini mungkin tidak dapat bekerja pada beberapa layanan shared hosting. Jika cara ini tidak bekerja, Anda perlu meminta bantuan pihak penyedia layanan hosting.

1. File Theme Function
Dalam beberapa kasus, penambahan kode berikut di file Theme Function dapat meningkatkan batas ukuran upload file.
1 @ini_set( ‘upload_max_size’ , ’64M’ );
2 @ini_set( ‘post_max_size’, ’64M’);
3 @ini_set( ‘max_execution_time’, ‘300’ );

2. Buat atau edit file php.ini
Pada umumnya, jika Anda menggunakan layanan shared hosting, Anda tidak akan menemukan file php.ini di direktori Anda. Jika file php.ini tidak dapat ditemukan, maka buatlah file dengan nama php.ini kemudian upload file tersebut ke folder root. Di dalam file tersebut, masukkan kode berikut ini.
1 upload_max_filesize = 64M
2 post_max_size = 64M
3 max_execution_time = 300

Metode ini berhasil meningkatkan batas ukuran upload file di WordPress beberapa pengguna. Jika tidak berhasil untuk Anda, cobalah ganti nilai 64 dengan 10. Perlu Anda ketahui, nilai-nilai tersebut menggunakan satuan MB.

3. Metode htaccess
Beberapa orang mencoba menggunakan metode htaccess dengan memodifikasi file .htaccess di direktori root. Buka, atau buat file .htaccess di folder root. Masukkan kode berikut di dalam file tersebut.
1 php_value upload_max_filesize 64M
2 php_value post_max_size 64M
3 php_value max_execution_time 300
4 php_value max_input_time 300

Sekali lagi, kami ingatkan bahwa cara-cara di atas mungkin tidak dapat bekerja pada layanan atau paket shared hosting. Jika demikian, maka Anda perlu menghubungi pihak penyedia layanan hosting dan meminta penambahan limit upload. Penyedia layanan hosting yang baik akan membantu dan melayani kebutuhan Anda.

Semoga bermanfaat!