Seputar Tekno

Cara Mengirim Data Lewat Email

Email merupakan layanan pengiriman surat melalui jaringan internet. Sah-sah saja jika kita mengatakan bahwa email adalah salah satu hasil kemajuan teknologi terbaik, sebab email mendorong evolusi gaya hidup baru yang serba praktis. Dengan email, kita bisa mengirimkan surat ke seluruh dunia dengan sangat cepat tanpa terkendala batasan waktu dan ruang.

Nah, ngomong-ngomong, tahukah Anda bahwa email tidak hanya dapat mengirimkan surat, tetapi juga data dalam bentuk lain seperti dokumen, spreadsheet, bahkan lagu sekali pun? Hal ini dikarenakan email bekerja di atas suatu sistem digital, sehingga benda lain yang berbentuk digital pun juga dapat dikirimkan melalui sistem yang sama. Lalu, bagaimana caranya mengirim data lewat email?

1. Log-in terlebih dahulu ke akun email Anda.

 

Cara Mengirim Data Lewat Email

Jika belum memiliki akun email, buatlah terlebih dahulu. Membuatnya cukup mudah dan tidak makan waktu, dan tersedia berbagai pilihan layanan email dari yang gratis sampai yang berbayar. Salah dua yang paling terkenal yakni Gmail dari Google dan Yahoo! Mail dari Yahoo!.

2. Buatlah pesan baru dengan mengklik “Tulis” atau “Compose”.

Cara Mengirim Data Lewat Email 1

3. Masukkan alamat email tujuan pada kolom “Kepada” atau “To”.

Cara Mengirim Data Lewat Email 2

Jangan lupa pula menuliskan judul surat di kolom “Subject” / “Subjek”. Sertakan beberapa patah kata dalam badan email jika diperlukan sebagai bentuk sopan santun.

4. Klik tombol lampiran.

Cara Mengirim Data Lewat Email 3

Tombol ini biasa disimbolkan dengan gambar klip kertas.

5. Akan muncul jendela baru dengan nama Open, pilih file yang hendak Anda kirimkan, kemudian klik “Open”.

Cara Mengirim Data Lewat Email 4

6. Tunggu proses upload selesai.

7. Klik “Kirim” / “Send”. Cara Mengirim Data Lewat Email 5

Data Anda akan segera dikirimkan ke alamat yang dituju bersama dengan email yang telah Anda buat.

Mudah, bukan? Metode pengiriman data via email menjadi cara favorit transfer data masa kini.

Sebagai catatan,
Layanan Gmail dan Yahoo! Mail membatasi ukuran data yang dapat dikirim dalam satu email, yakni 25 MB, sedangkan batasan di Hotmail adalah 10 MB. Jika file yang hendak Anda kirimkan berukuran lebih besar dari itu, sebaiknya Anda pecah data tersebut menjadi beberapa potongan menggunakan aplikasi seperti HJ Split agar dapat dikirimkan melalui beberapa email. Cara lain yakni memanfaatkan layanan Cloud Storage yang terintegrasi dengan akun email Anda seperti Google Drive (dengan Gmail) atau Dropbox (dengan Yahoo! Mail).

Ada 30 format file yang tidak dapat dikirimkan melalui Gmail, beberapa diantaranya juga tidak dapat dikirim via Yahoo! menurut pengalaman penulis. Hal ini dikarenakan pihak pengelola tidak mau email menjadi media penyebaran virus, dan format-format file berikut tergolong mudah terinfeksi virus. Ke-30 format tersebut yakni:
.ade, .adp, .bat, .chm, .cmd, .com, .cpl, .exe, .hta, .ins, .isp, .jse, .lib, .lnk, .mde, .msc, .msp, .mst, .pif, .scr, .sct, .shb, .sys, .vb, .vbe, .vbs, .vxd, .wsc, .wsf, .wsh.

Anda juga tidak dapat mengirimkan file dalam format zip (.zip, .tar, .tgz, .taz, .z, .gz, .rar) yang dilindungi sandi, serta file zip di dalam file zip. Hindari membuat file zip di dalam file zip karena tindakan tersebut juga dapat merusak file aslinya.

Anda dapat memanfaatkan metode pengiriman data via email sebagai “sistem cloud storage pribadi”. Caranya, kirimkan file yang perlu Anda akses dari berbagai device kepada alamat email Anda sendiri. Jika berhasil dikirim, email berisi file tersebut akan masuk ke inbox Anda. Kini Anda dapat mengakses file tersebut dari berbagai device melalui akun email.

Semoga bermanfaat!