Seputar Tekno

Cara Mengembalikan File Komputer yang Terhapus

File di Komputer Tidak Sengaja Terhapus? Don’t Worry! Hal itu sangat lumrah terjadi. Bisa saja karena tidak sengaja menekan tombol delete, atau juga bisa terjadi akibat salah memilih file yang ingin dihapus. Tapi, mulai sekarang tidak perlu khawatir lagi jika suatu saat hal ini terulang kembali. Sebab, sebenarnya file yang terhapus dengan tak sengaja masih bisa kita munculkan kembali. Lantas bagaimana caranya?

Cara Mengembalikan File Komputer yang Terhapus

Pertama
Yang pertama adalah memeriksa Recycle bin. Sebenarnya dalam melakukan penghapusan file, terkadang kita tidak sadar bahwa file yang dihapus dapat hilang secara permanen alias tidak bisa didapatkan lagi, atau hilang untuk sementara alias berada ditempat sampah. Nah, file yang ada di tempat sampah atau recycle bin inilah yang masih bisa Anda dapatkan kembali. Jika Anda tidak sengaja menghapus file, sudah bisa dipastikan file tersebut berada di recycle bin. Jika ada, klik kanan file itu lalu pilih restore. Bukan sulap bukan sihir, file itu akan muncul kembali.

Kedua
Jika cara pertama belum berhasil, lakukan cara kedua yaitu Restore previous versions. Caranya buka folder tempat dimana file itu awalnya berada, lalu klik kanan folder tersebut. Kemudian Anda pilih opsi ‘Restore Previous Versions’. Anda dapat memunculkan kembali file yang terhapus pada folder tersebut.

Ketiga
Ketiga, yaitu dengan menggunakan backup file. Backup file ternyata memang sangat berguna. Jika Anda terbiasa membuat cadangan hard drive, tentu saja terhapusnya file yang tak sengaja dilakukan tidak akan menjadi masalah yang serius. Anda tinggal memulihkannya saja. Jika Anda tidak memiliki backup file, maka mungkin dari sekarang Anda bisa membiasakan diri untuk menggunakannya.

Keempat
Cara keempat, yaitu dengan mencoba program file recovery. Ini adalah cara terakhir jika ketiga cara diatas masih juga gagal. Dengan program file recovery Anda dapat mengembalikan kembali file yang terhapus. Sekarang sudah terdapat beberapa program file recovery yang tersedia secara gratis. Mendapatkannya pun sangat mudah. Anda bisa mengunduh program ini dari komputer lain, lalu masukkan ke dalam flashdisk Anda. Kemudian Anda bisa menjalankan program ini dari flashdisk Anda di komputer, tempat file yang tak sengaja terhapus tadi berada. Mudah bukan?

Semoga bermanfaat.