Tips & Trik

Cara Mengatasi Aplikasi Android yang Sering Terhenti

Saat ini, hampir semua smartphone yang berbasis sistem operasi Android memang mempunyai kualitas tinggi untuk mendownload ataupun menginstall berbagai aplikasi yang dibutuhkan oleh penggunanya. Namun, ada kala aplikasi ini sering terhenti sendiri sehingga tak jarang membuat Anda kesal. Lantas bagaimana cara mengatasi aplikasi Android yang sering terhenti itu? Mari simak penjelasannya di bawah ini:

1. Manual Force Close
Salah satu penyebab aplikasi Android sering terhenti ialah RAM penuh. Karena itulah cara pertama ini bisa dikatakan cukup ampuh dalam mengatasi aplikasi yang sering terhenti ialah dengan melakukan manual force close atau dengan menghentikan paksa aplikasi atau game Android tersebut. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan paksa aplikasi di Android:
· Masuk ke menu Pengaturan atau Setting
· Klik Application Manager dan cari aplikasi yang akan di force atau dihentikan paksa
· Klik pilihan ‘Force Stop’ dan tunggu sampai loading selesai
· Jika sudah, buka kembali aplikasi tersebut.

2. Clear Data Aplikasi
Apabila Anda sudah melakukan manual force stop atau menghentikan paksa, tapi aplikasi dan game Android masih saja sering terhenti dengan sendirinya, maka Anda bisa melakukan cara clear cache dan cookies secara manual.
Satu hal perlu diingat karena clear data dan cache aplikasi Android dapat menghilangkan history dan akun game. Kemudian, efek dari clear data akan membuat aplikasi seperti baru di install di ponsel Android Andam sehingga saat di buka nanti, Anda wajib log in kembali. Berikut ini langkah-langkah clear data aplikasi atau game Android:
· Masuk ke menu Pengaturan/Settings pada Android
· Pilih Application Manager
· Kemudian, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus cache dan cookies-nya
· Pilih Clear Data and Cache in your device
· Setelah itu, buka kembali aplikasi tersebut.

3. Reinstall atau Install Ulang Aplikasi
Jika Anda mengunduh suatu aplikasi bukan dari Google Play Store, maka bisa jadi aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan ponsel Android Anda, alhasil sering mengalami corrupt data dan mengalami force close atau sering tertutup sendiri. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menginstall ulang aplikasi tersebut dengan langkah-langkah berikut ini:
· Masuk ke menu Pengaturan/Settings pada Android
· Pilih Application Manager
· Lalu, pilih aplikasi yang sering corrupt
· Setelah itu, klik uninstall pada aplikasi tersebut
· Kemudian, Anda bisa mendownload aplikasi tersebut di Google Play Store.