Blogging

Cara Menemukan Ide Konten Blog yang Menarik

Apakah kesulitan terbesar Anda dalam menggiati dunia blogging ialah mencari ide konten yang bakal sungguh dicari dan disukai orang? Ya, hal tersebut memang sulit. Tantangannya adalah mencari ide yang Anda tahu pasti akan berhubungan dengan kehidupan para audiens.

Cara Menemukan Ide Konten Blog yang Menarik

Berikut ini lima cara menemukan ide konten blog yang menarik bagi para audiens Anda yang dijamin ampuh.

1. Tanyakan mengapa si pengguna bergabung ke blog Anda
Ada banyak hal yang bisa Anda pelajari dengan sekadar melihat inbox e-mail Anda selama 10 menit. Perhatikan pertanyaan dan komentar yang diberikan pengunjung blog. Juga, Anda bisa memasang kolom khusus untuk menanyakan kepada pengguna baru alasan mereka bergabung ke blog Anda. Dengan memperhatikan apa yang dikatakan para pengunjung, Anda bisa mendapat gambaran mengenai apa yang orang-orang cari dan butuhkan, kemudian buatlah konten yang dapat membantu mereka.

Pastikan bahwa pertanyaan Anda tidak bakal mengganggu kelancaran dan kenyamanan pengunjung.

2. Periksa komentar postingan
Sebuah trik yang sering digunakan para blogger untuk meningkatkan interaksi antara postingan mereka dengan para pembaca adalah mengakhiri artikel dengan pertanyaan. Jangan gunakan pertanyaan yang tampak seperti sekadar basa-basi, seperti “Bagaimana menurut Anda?” atau “Apa yang Anda pikirkan?”. Berikan pertanyaan yang lebih spesifik yang terkait dengan topik artikel. Misal, “Menurut Anda, metode lain apa yang efektif untuk menemukan ide konten yang menarik?” atau “Jadi, bagaimana kriteria konten yang menarik bagi Anda?”.

Anda juga bisa mampir ke website-website lain yang memiliki tema serupa. Baca artikel mereka dan juga beberapa komentar yang ada. Diskusi dimana pun di internet dapat memberikan ide bagus buat konten blog Anda, sebab disana Anda bisa melihat apa yang sungguh dicari orang dari suatu produk serta semacamnya.

3. Hadiri berbagai event dengan membawa buku ide blog
Cara kreatif lain untuk mendapatkan ide konten nan bagus adalah dengan menghadiri event atau seminar yang membahas topik yang berhubungan dengan tema blog Anda. Siapkan buku khusus. Catat siapa saja para narasumber yang hadir, baca buku yang mereka tulis, dan rencanakan untuk mewawancarai mereka. Cobalah untuk berpikir kritis dan berikan pertanyaan mengenai hal-hal yang tidak tercover dalam buku dan seminar mereka. Tuliskan semua informasi keren yang Anda terima di buku ide blog. Anda bisa menjadikan hasil wawancara sebagai bahan tulisan berikutnya.

Juga, pastikan ketika Anda menghadiri suatu event atau seminar untuk mencatat pertanyaan-pertanyaan dari hadirin yang lain. Terkadang, Anda bisa mendapatkan ide bagus dari sesi tanya-jawab yang terjadi.

4. Perhatikan sosial media
Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan sosial media guna memperoleh ide konten blog.
– Pertama, baca apa yang audiens Anda katakan disana.
– Kedua, tanyakan secara langsung kepada para audiens mengenai topik yang hendak Anda tulis – apakah menarik atau penting bagi mereka?
– Ketiga, periksa postingan mana yang paling banyak dibagikan oleh para pengunjung ke sosial media, pelajari apa yang membuatnya begitu sukses menarik perhatian.

5. Periksa postingan Anda yang paling sukses
Jenis artikel apakah postingan Anda yang paling sukses? Daftar produk terbaik? Tutorial? Coba buat postingan baru yang sejenis tetapi mengcover topik lain. Anda mungkin akan menemukan topik-topik tertentu pula yang lebih populer dibandingkan topik lainnya. Bagaimana bila Anda variasikan beberapa model postingan yang paling sukses?

Semoga bermanfaat!