Tips & Trik

Cara Mendaftarkan Lokasi Baru di Google Maps

Google Maps saat ini sudah menjadi aplikasi yang paling familiar di setiap pengguna smartphone. Selain mempermudah mencari tempat, Google Maps juga dilengkapi dengan petunjuk posisi lokasi tujuan. Namun, tidak semua lokasi memiliki tanda di google, pasti ada beberapa hal yang dilakukan terlebih dahulu agar toko atau rumah kita memiliki tanda di Google Maps. Berikut cara mendaftarkan lokasi baru di Google Maps untuk Anda.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Fungsi Google Maps
– Fitur Google Maps
– Cara mendaftarkan lokasi baru di Google Maps

Hampir semua smartphone kini dilengkapi dengan Aplikasi Google Maps. Google Maps merupakan aplikasi buatan dari Google yang dapat kita gunakan untuk mencari lokasi atau tempat baik itu rumah ataupun toko yang sekaligus dibantu dengan fasilitas petunjuk arah. Selain itu, pengguna juga dapat melihat detail dari tempat tersebut, yang juga dilengkapi dengan nomor telepon, website, jam buka sekaligus foto-foto dari tempat tersebut.

Selain pengguna umum, pelaku bisnis pun saat ini dapat meningkatkan penjualannya melalui fitur dari aplikasi Google Maps. Dengan Anda mendaftarkan lokasi baru di Google Maps, baik itu toko atau alamat rumah Anda, maka pelanggan dan orang-orang akan dapat menemukan alamat Anda dengan mudah. Mereka dapat menemukan alamat rumah atau toko Anda melalui Google Maps.

Di bawah ini cara mendaftarkan lokasi baru di Google Maps yang bisa Anda lakukan:

1. Yang terlebih dahulu harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Google Maps di smartphone dan nyalakan GPS Anda. Lakukan cara membuat lokasi GPS akurat di ponsel Android Anda.

2. Lalu silakan Anda menekan titik hitam yang berada di dalam bulatan tepat di kanan bawah Google Maps.

3. Selanjutnya, dikutip dari Tribun-Timur, silakan tekan dan tahan selama kurang lebih 3 detik, dan kemudian akan muncul ikon merah di Google Maps Anda. Pastikan bahwa lokasi di Google Maps tersebut, sesuai dan akurat seperti yang Anda inginkan. Karena nantinya lokasi ini tidak dapat diubah lagi.

4. Kemudian setelah itu silakan Anda geser ke atas Pin Dipasang agar tampil semua, lalu setelah itu silakan Anda klik Tambahkan Tempat.

5. Selanjutnya Anda masukkan Nama, Alamat (masuk secara otomatis), Kategori (isi nama toko atau alamat Anda). Setelah memastikan data yang telah Anda isi telah sesuai, kemudian klik tanda panah yang berada di sebelah kanan atas Google Maps.

6. Perlu diingat, ketika Anda mendaftarkan lokasi baru maka memerlukan waktu 2 hingga 3 hari untuk ditinjau terlebih dahulu oleh team Google Maps. Google Maps tidak akan menyetujui apabila lokasi tersebut ternyata janggal. Dan apabila lokasi Anda disetujui, maka Google Maps akan mengirimkan konfirmasi melalui email Anda.

7. Jika Anda ingin berbagi alamat Google Maps Anda dengan orang lain, silakan Anda pilih Bagikan Tempat. Pilih media sosial yang ingin Anda gunakan untuk berbagi alamat Google Maps Anda. Aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk berbagi alamat seperti misalnya WhatsApp, Facebook, Gmail, Google Drive, dan masih banyak lagi.

Itulah tadi, beberapa cara mendaftarkan lokasi baru di Google Maps untuk Anda dengan mudah. Dengan mendaftarkan alamat toko Anda, hal ini akan memungkinkan pelanggan Anda untuk menemukan alamat Anda di Google Maps. Mereka hanya perlu mengetik nama toko Anda di Google Maps dan kemudian Google Maps akan menampilkan alamat toko Anda. Semoga bermanfaat.