Blogging

Cara Menampilkan Semua Post WordPress di Satu Halaman

WordPress hadir dengan halaman arsip untuk setiap kategori, tag, author, dan tanggal. Namun, banyak pemilik website yang lebih memilih untuk membuat halaman arsip sendiri. Halaman arsip tersebut dapat digunakan untuk menampilkan postingan-postingan terpopuler, berbasis urutan tanggal, atau dapat pula berupa daftar kategori. Beberapa blog lebih suka menampilkan daftar seluruh judul postingan mereka dalam satu halaman. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai cara menampilkan semua post WordPress di satu halaman.

Cara Menampilkan Semua Post WordPress di Satu Halaman

Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk menampilkan seluruh postingan WordPress Anda dalam satu halaman. Anda bisa menggunakan shortcode, plugin, atau custom template dengan loop. Kita akan memulai dari metode yang paling beginner-friendly.

Metode 1 : Menggunakan plugin Display Posts Shortcode
Pertama-tama, instal dan aktifkan plugin Display Posts Shortcode. Plugin tersebut bekerja secara otomatis tanpa perlu Anda konfigurasi secara manual. Kemudian, Anda perlu membuat sebuah halaman baru yang akan Anda jadikan halaman arsip. Judulnya bebeas terserah Anda. Di halaman ini, paste shortcode berikut.
1 [display-posts posts_per_page=”500″ order=”DESC”]

Shortcode di atas akan menampilkan daftar judul postingan Anda dalam urutan kronologis sesuai waktu publikasi. Jika Anda perhatikan, shortcode tersebut diatur untuk menampilkan 500 postingan dalam satu halaman. Apabila jumlah postingan Anda ada lebih dari 500, silahkan ubah angka itu sesuai kebutuhan. Sementara, kode DESC berarti daftar postingan akan disusun dari yang terbaru hingga ke yang paling lama. Bila Anda ingin menampilkan postingan paling lama terlebih dahulu dan postingan terbaru di baris paling akhir, Anda bisa mengubah kode ini menjadi ASC.

Cara Menampilkan Semua Post WordPress di Satu Halaman 1

Juga, Anda dapat menggunakan plugin ini untuk menampilkan excerpt alias ringkasan isi post, thumbnail, serta informasi lainnya, tetapi hal tersebut tidak kami rekomendasikan. Ketika Anda menampilkan seluruh post Anda di satu halaman, halaman itu akan menjadi sangat panjang, dan tentu Anda ingin memastikan bahwa pengunjung dapat melakukan navigasi di sana semudah dan secepat mungkin.

Metode 2 : Menggunakan plugin Simple Yearly Archive
Menampilkan semua post WordPress di satu halaman bisa membuat halaman itu terlalu panjang. Untuk menangani masalah ini, Anda bisa membuat halaman itu menampilkan daftar tahun saja. Pengunjung cukup meng-klik salah satu tahun untuk melihat daftar post selama tahun tersebut.

Pertama, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin Simple Yearly Archive. Kemudian, buka Settings, lalu pilih Simple Yearly Archive untuk melakukan sedikit penyesuaian pengaturan.

Cara Menampilkan Semua Post WordPress di Satu Halaman 2

Plugin ini memungkinkan Anda untuk menampilkan daftar post dalam berbagai cara. Anda bisa membuat setiap tahun menjadi link menuju arsip tahunan. Atau, Anda juga bisa membuat setiap tahun menjadi collapsible alias bisa di-klik supaya langsung menampilkan daftar judul post. Kalau Anda ingin membuat collapsible years, maka Anda perlu menambahkan <div> dan </div> di sebelah opsi “Before / After (Year headline)”. Pengaturan-pengaturan lain dapat Anda atur sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk menyimpan hasil perubahan dengan meng-klik tombol “Save”.

Cara Menampilkan Semua Post WordPress di Satu Halaman 3

Sekarang Anda harus membuat sebuah halaman yang hendak dijadikan halaman arsip. Di halaman tersebut, Anda cukup menambahkan shortcode [SimpleYearlyArchive].

Metode 3 : Menampilkan semua post WordPress di satu halaman dengan kode template
Meski menggunakan plugin adalah cara menampilkan semua WordPress di satu halaman yang paling mudah, mungkin ada beberapa di antara Anda yang ingin mengetahui bagaimana melakukannya dengan kode template halaman. Pertama, Anda perlu membuat sebuah halaman template baru dan menyalin styling dari file page.php. Kemudian, gunakan loop di bawah ini untuk menampilkan semua post di satu halaman.

01 <?php
02 // the query
03 $wpb_all_query = new WP_Query(array(‘post_type’=>’post’, ‘post_status’=>’publish’, ‘posts_per_page’=>-1)); ?>
04
05 <?php if ( $wpb_all_query->have_posts() ) : ?>
06
07 <ul>
08
09     <!– the loop –>
10     <?php while ( $wpb_all_query->have_posts() ) : $wpb_all_query->the_post(); ?>
11         <li><a href=”<?php the_permalink(); ?>”><?php the_title(); ?></a></li>
12     <?php endwhile; ?>
13     <!– end of the loop –>
14
15 </ul>
16
17     <?php wp_reset_postdata(); ?>
18
19 <?php else : ?>
20     <p><?php _e( ‘Sorry, no posts matched your criteria.’ ); ?></p>
21 <?php endif; ?>

Semoga bermanfaat!