Blogging

Cara Menambahkan SSL Gratis di WordPress dengan Let’s Encrypt

SSL merupakan teknologi enkripsi untuk mengamankan koneksi antara browser pengguna dengan web server. Setiap situs memiliki sertifikat SSL yang unik untuk tujuan identifikasi. Apabila sebuah server berpura-pura beroperasi menggunakan HTTPS, tetapi sertifikat SSL yang ia miliki tidak cocok dengan yang ia klaim, maka browser akan memperingatkan pengguna saat hendak membuka situs tersebut.

Cara Menambahkan SSL Gratis di WordPress dengan Let’s Encrypt

Untuk beberapa lama, satu-satunya cara untuk mengamankan website dengan SSL ialah dengan menggunakan sertifikat SSL berbayar. Let’s Encrypt adalah sebuah otoritas yang bertujuan untuk menyediakan sertifikat SSL secara gratis bagi publik. Let’s Encrypt merupakan proyek dari Internet Research Group, sebuah korporasi layanan publik. Saat ini, Let’s Encrypt telah disponsori oleh berbagai perusahaan, termasuk Google, Facebook, Mozilla, Sucuri, juga Cisco.

Sekarang, mari kita lihat bagaimana cara menambahkan SSL gratis di WordPress dengan Let’s Encrypt.

Cara Mudah – Gunakan Layanan Hosting yang Memiliki SSL Gratis Secara Built-In
Saat ini, beberapa perusahaan hosting WordPress sudah mulai menawarkan pengaturan SSL yang mudah secara built-in. Sehingga, Anda dapat menambahkan SSL gratis dari Let’s Encrypt di situs web Anda dengan menggunakan layanan hosting yang menawarkan integrasi dengan Let’s Encrypt, seperti SiteGround dam DreamHost. Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang ditunjukkan oleh pihak penyedia layanan hosting untuk memasang sertifikat SSL di website Anda.

Memasang SSL Gratis Let’s Encrypt di Layanan Hosting Lain
SSL gratis dari Let’s Encrypt merupakan sertifikat SSL yang berbasis domain, sehingga jika Anda memiliki sebuah nama domain maka Anda bisa menambahkan sertifikat SSL ini tanpa peduli layanan hosting mana yang Anda gunakan. Namun, kalau layanan hosting Anda tidak terintegrasi dengan Let’s Encrypt, maka Anda perlu melakukan pengaturan-pengaturan secara manual. Anda bisa mendapatkan sertifikat SSL gratis di halaman resmi Let’s Encrypt.

Memperbarui URL WordPress Setelah Sertifikat SSL Siap
Setelah menyiapkan sertifikat SSL dengan Let’s Encrypt, langkah berikutnya adalah memindahkan URL WordPress Anda dari HTTP ke HTTPS. Sebuah situs normal tanpa sertifikat SSL biasa menggunakan protokol HTTP, sehingga alamatnya diawali dengan prefiks http (contoh: http://www.contoh.com). Sementara, situs web bersertifikat SSL menggunakan protokol HTTPS, sehingga menggunakan prefiks https (contoh: https//www.contoh.com). Tanpa mengganti URL-URL di situs WordPress Anda, sertifikat SSL tidak akan terpakai dan situs Anda tidak akan aman untuk mengumpulkan data-data sensitif.

Memindahkan URL WordPress dari http ke https pada situs web baru

Cara Menambahkan SSL Gratis di WordPress dengan Let’s Encrypt 1

Jika Anda bekerja pada sebuah website baru, maka Anda cukup membuka admin area WordPress dan klik di Settings. Di sana, Anda harus memperbarui URL WordPress dan URL situs dengan menggunakan https. Jangan lupa untuk menyimpan hasil perubahan.

Memindahkan URL WordPress pada situs web lama
Jika situs web Anda sudah beroperasi untuk beberapa waktu, maka ia kemungkinan besar telah diindeks oleh search engines. Beberapa orang mungkin telah membagikan atau memasang link yang menuju ke situs web Anda dengan menggunakan http. Sehingga, Anda perlu memastikan bahwa semua traffic yang menuju ke URL berbasis http tersebut agar dialihkan ke URL baru yang berbasis https.

Cara paling mudah, Anda cukup menginstal dan mengaktifkan plugin Really Simple SSL. Plugin tersebut akan secara otomatis mendeteksi sertifikat SSL Anda dan mengatur website Anda agar menggunakannya. Dalam kebanyakan kasus, Anda tidak perlu lagi melakukan pengaturan secara manual, sebab plugin ini juga mampu untuk memperbaiki masalah konten yang tidak aman.

Memperbarui Pengaturan Google Analytics

Cara Menambahkan SSL Gratis di WordPress dengan Let’s Encrypt 2 Jika Anda menginstal Google Analytics di situs WordPress Anda, maka Anda perlu memperbarui pengaturan-pengaturannya serta menambahkan URL baru Anda yang memakai https. Login ke dashboard Google Analytics Anda dan klik di menu Admin. Kemudian, klik di opsi Property Settings. Di sana, Anda bisa melihat opsi default URL. Ganti http dengan https. Jangan lupa untuk menekan tombol Save untuk menyimpan hasil perubahan.

Semoga bermanfaat!