Seputar Tekno

Cara Memperoleh Backlink Berkualitas Di Blog

SEO (Search Engine Optimization) selalu berhubungan dengan istilah Backlink. Bila pada kesempatan sebelumnya, Sobat Gaptex sudah mengetahui apa itu pengertian Backlink, kali ini kami akan membahas bagaimana cara memperoleh dan mendapatkan Backlink di blog Anda. Tujuan utamanya ialah agar website atau blog lebih populer di mata search engine contohnya Google. Sebuah website atau blog yang memiliki banyak Backlink berkualitas biasanya mendapatkan perhatian khusus dari mesin pencari. Mesin pencari tersebut akan menempatkan website/blog ini di halaman utama hasil pencarian untuk keyword tertentu.

Cara Memperoleh Backlink Berkualitas Di Blog

Backlink bisa diperoleh dengan banyak cara berupa link yang menuju ke blog/website Anda, akan tetapi berbagai macam Backlink tidak semuanya bagus untuk blog. Bahkan bila Anda memperoleh Backlink yang tidak berkualitas justru akan memberi dampak negatif bagi blog dan website. Bila sudah begitu, algoritma terbaru Google Hummingbird cukup tegas membasmi blog yang di anggap sebagai spam dengan memasukkannya ke dalam Google Sandbox, bahkan Google dapat lengsung menghapus blog tersebut. Lantas bagaimana cara memproleh Backlink di blog? Cara-caranya akan dijabarkan berikut ini:

1. Melalui artikel Web Direktori
Artikel di web direktori sering digunakan untuk kegiatan marketing dan membangun Backlink. Anda dapat memperoleh Backlink dari situs artikel direktori dengan cara membuat sebuah artikel berkualitas lalu di submit ke situs-situs web direktori. Salah satu contoh web direktori yang sudah terkenal saat ini yaitu cuitcuit.com dan artikeloke.com.

2. Melalui situs sosial Bookmarking
Ide awal dari situs sosial bookmarking ialah agar memudahkan pengguna untuk menyimpan URL atau link dari situs yang mereka sukai sehingga mudah dicari ketika ingin re-open. Seiring perkembangannya, situs sosial bookmarking banyak sekali digunakan oleh pelaku SEO untuk membantu website mereka supaya populer di mesin pencari.

3. Melalui Forum Signature
Di zaman modern ini, banyak sekali forum-forum yang bisa Anda temukan dengan mudah di internet. Mulai dari forum gamers, publishers, writers sampai forum para pengusaha. Salah satu forum signature yang terkenal yaitu kaskus.co.id dan ads-id. Di forum Ads-id.com, para member yang sudah terverifikasi dan donatur diberikan fasilitas untuk memasang signature yang akan terlihat di setiap post pada forum tersebut. Memasang link menuju blog dan webiste di bagian signature tentunya akan memberikan keuntungan buat Anda yaitu backlink berkualitas dan juga visitor dari forum tersebut.

4. Melalui Social Media
Backlink dari situs-situs sosial media merupakan Backlink yang berkualitas contohnya Backlink dari Twitter dan Google Plus. Walaupun biasanya Backlink dari media sosial bersifat NoFollow, mesin pencari seperti Google akan tetap mempertimbangkannya. Selain Backlink, tentunya Anda juga dapat visitor dari teman atau followers di sosial media tersebut. Karena itulah, sebaiknya blog dan website yang Anda buat harus memiliki akun media sosial tersendiri, misal fans page Facebook dan akun Twitter.

5. Menjadi Guest Blogger
Salah satu cara memperoleh Backlink di blog adalah dengan menjadi pengunjung blogger terkenal. Cara ini dibilang sangat ampuh untuk membuat blog Anda cepat populer. Anda bisa menjadi penulis blog orang lain, tentunya atas izin si pemilik blog tersebut, lalu memposting artikel yang baik sesuai dengan topik yang sedang dibahas oleh blog tersebut. Pada bagian biografi penulis, Anda bisa memperkenalkan diri sambil memasang link menuju web/blog Anda.