Seputar Tekno

Cara Mempercepat Kinerja Harddisk yang Lambat

Harddisk merupakan salah satu komponen perangkat keras pendukung laptop ataupun komputer yang menyediakan ruang untuk menyimpan data dan output dari proses data yang dilakukan oleh komputer. Harddisk umumnya berbentuk kotak yang di dalamnya terdapat piringan tempat data-data tersimpan secara paten meskipun komputer atau laptop dimatikan, kecuali Anda sendiri yang menghapusnya atau harddisk terkena virusan.

Cara Mempercepat Kinerja Harddisk yang Lambat

Bila dilihat dari fungsinya yang sangat penting, harddisk menjadi komponen yang perlu diperhatikan secara berkala karena jika bermasalah,kinerja laptop atau PC Anda pun ikut bermasalah juga. Apalagi kalau laptop sudah sangat lamban merespon, bisa jadi itu karena harddisknya yang lambat. Harddisk yang penuh dengan banyak data di dalamnya akan membuat kinerja menjadi lambat dalam pembacaan data yang tersimpan. Hal tersebut dikarenakan file-file yang berada di dalam harddisk tersebar di beberapa bagian. Oleh sebab itu, lebih banyak memerlukan waktu untuk mengakses setiap bagian dari file data tersebut.

Berikut ini adalah tips atau cara mempercepat kinerja harddisk yang lambat yang mungkin Anda lakukan untuk membersihkan harddisk komputer dari data atau software yang tidak berguna. Adapun cara-caranya antara lain:

1. Format Harddisk
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memformat harddisk. Solusi ini bisa dikatakan hanya sementara karena sebelumnya Anda harus melakukan back up data, menginstal ulang semua program, mengatur windows dan merestore data. Bahkan, Anda tidak bisa menyempatkan waktu untuk maintenance harddisk.

2. Hindari program yang tidak berguna
Seringkali, seseorang menginstal program hanya untuk memenuhi isi komputer. Padahal semakin banyak program, makin boros pula harddisk komputer. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menguninstall program yang dirasa tidak berguna dengan cara Control panel lalu Add or Remove Programs.

3. Menghapus file duplikat dari harddisk
Dengan banyaknya file di komputer, kemungkinan besar terdapat banyak data dengan memori yang besar. Biasanya hal ini terdapat file musik atau video yang sering di copy paste dengan sembarang.

4. Defragment harddisk
Salah satu penyebab yang membuat kinerja harddisk lambat yaitu tingginya pemisahan data dile dan banyaknnya pengelompokkan. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk melakukan defrag harddisk supaya segmen-segmen data terpisah.

5. Hapus data yang tidak penting
Mungkin secara tidak sadar, Anda telah banyak menumpuk file seperti data, gambar, lagu video dan sebagainya yang tidak terlalu penting. Maka dari itu, sebaiknya hapus saja data tersebut daripada memberatkan harddisk.