Seputar Tekno

Cara Membuat Lokasi GPS Akurat di Ponsel Android

Ketika Anda ingin pergi ke suatu daerah yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, tentunya akan sangat membingungkan bila harus pergi tanpa pemandu arah perjalanan. Oleh sebab itu, jika memang Anda pergi sendiri sebaiknya manfaatkanlah aplikasi GPS yang ada di smartphone Anda agar tidak tersesat. Saat ini hampir semua ponsel sudah menyematkan fitur navigasi tersebut, apalagi di smartphone Android. Karena memang GPS sangat penting keberadaannya terlebih untuk gadget yang bergelar perangkat cerdas.

Cara Membuat Lokasi GPS Akurat di Ponsel Android

Selain untuk menunjukkan arah perjalanan jarak jauh, GPS juga digunakan untuk menunjang aktivitas gaming pengguna, khususnya untuk game dengan konsel augmented reality seperti Pokemon Go dan Ingress. Kedua game buatan Niantic. Inc tersebut sangat mengandalkan navigasi GPS sebagai penunjuk arah. Namun sayangnya, tidak semua fitur GPS pada perangkat ponsel tertentu dapat di andalkan. Terkadang ada GPS yang memiliki tingkat akurasi cukup rendah.

Umumnya tingkat akurasi GPS yang rendah dipengaruhi oleh signal atau jaringan yang memang lemah, misalnya saat Anda berada di suatu daerah terpencil yang tak mencakup jaringan internet operator. Hal ini pastinya akan menyulitkan untuk dapat menambah akurasi GPS tersebut. Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Cara mudah untuk membuat lokasi GPS lebih akurat hanya dapat dilakukan jika Anda berada pada tempat yang memiliki signal yang cukup.

Langkah pertama untuk meningkatkan akurasi GPS adalah dengan melakukan pengecekan keberadaan lokasi Anda sekarang. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan Google Maps atau aplikasi peta lainnya. Dan untuk meningkatkan tingkat akurasi pada GPS Anda dapat dilakukan dengan langkah-langkah dibawah ini:
· Pastikan smartphone Anda sudah tersambung data. Jika sudah, silahkan buka aplikasi Google Maps atau aplikasi peta lainnya
· Jika terdeteksi lokasi saat ini Anda berada namun tidak terlalu tepat, silahkan buka Pengaturan atau Settings di ponsel Anda.
· Pada pengaturan, silahkan scroll pada bagian pribadi, kalu klik Lokasi
· Setelah itu, klik pada Mode dan ubah menjadi Akurasi tinggi
· Kemudian buka kembali Google Maps Anda, dan lokasi saat ini sudah lebih akurat dari sebelumnya.