Tips & Trik

Cara Membeli Aplikasi Berbayar di Google Play Store

Jika Sobat Gaptex adalah pengguna smartphone yang berbasis Android, pasti sudah sangat mengenal dengan Google Play Store. Layanan satu ini bisa dikatakan paling wajib yang ada saat seseorang sudah membeli ponsel Android. Berkat Play Store, Anda jadi bisa mendownload berbagai jenis aplikasi, mulai dari aplikasi pesan, game, dan masih banyak lagi.

Cara Membeli Aplikasi Berbayar di Google Play Store

Memang saat ini, aplikasi Android sudah sangat banyak tersedia secara gratis di Google Play Store. Namun jangan tak dipungkiri bahwa tidak sedikit pula aplikasi yang berbayar alias pengguna harus membeli aplikasi tersebut dengan menggunakan uang. Bukan uang cash, melainkan uang virtual dari kartu kredit, paypal, dan sebagainya.

Kebanyakan pengguna Android belum mengetahui bahwa sekarang ada 3 cara membeli aplikasi berbayar di Google Play Store yakni:

1. Menggunakan Kartu Kredit atau Kartu Debit
Anda dapat menggunakan kartu kredit jika ingin membeli aplikasi berbayar di Android. Apabila Anda memiliki kartu kredit berlogo Visa atau Mastercard, pilih saja aplikasi mana yang ingin dibeli, kemudian klik ‘Beli’ dan masukkan nomor kartu tersebut. Maka secara otomatis biaya pembelian aplikasi akan ditambahkan ke kartu kredit yang Anda gunakan.

2. Menggunakan Pulsa Operator
Cara kedua ini bisa dikatakan paling mudah, Anda bisa membayar aplikasi premium melalui potongan pulsa. Pastikan nomor kartu internet yang Anda pakai harus sama dengan nomor yang digunakan saat mendaftarkan akun Google. Namun sayangnya, baru 3 operator saja yang bisa yaitu Telkomsel, Indosat dan XL. Hanya saja, dengan memakai pulsa akan dikenakan biaya tambahan 10% setiap transaksi.

3. Menggunakan Redeem Gift Card
Cara ketiga ini bisa dikatakan sama seperti menggunakan kartu kredit, namun dapat digunakan untuk pengguna yang memang tidak memiliki kartu tersebut. Anda dapat membeli voucher gift card di beberapa situs atau Anda bisa membeli kode voucher gift card di Indomaret terdekat. Di sana, Anda akan menemukan mesin i-kios untuk membeli pulsa, token listrik prabayar, dan voucher Google Play. Atau Anda juga bisa langsung tanyakan pada petugas kasir.

Untuk menukarkan kode voucer Gift Card dari Indomaret, silahkan buka aplikasi Google Play dari perangkat Android Anda dan pilih opsi menu (ikon berbentuk tiga garis) yang terletak di pojok kiri atas layar. Anda akan melihat tampilan menu, kemudian pilih opsi “Redeem” atau Tukarkan. Tinggal masukkan nomor digit angka dan klik Redeem atau Tukarkan.