Blogging

Cara Membatasi Author Kategori Tertentu di WordPress

Untuk menjalankan situs web multi author secara efisien, dibutuhkan suatu alur kerja editorial yang baik. Jika Anda memiliki beberapa orang author yang bekerja hanya untuk topik spesifik tertentu, maka salah satu hal yang perlu Anda lakukan adalah membatasi kapabilitas publikasi mereka hanya untuk suatu kategori spesifik tertentu. Hal ini sangat berguna terutama kalau Anda mempunyai kolom tulisan author-specific di situs web Anda, atau bila Anda menginginkan beberapa author hanya menulis di kategori Teknologi.

Cara Membatasi Author Kategori Tertentu di WordPress

Hal ini juga membantu para author untuk lebih fokus, sebab mereka tidak perlu memilah-milah artikel dan memeriksa ulang kategori, serta membantu mereka untuk terhindar dari kesalahan teknis yang tidak perlu, seperti misalnya salah memasukkan kategori artikel.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai bagaimana cara membatasi author untuk kategori tertentu di WordPress. Cara paling mudah ialah dengan memanfaatkan sebuah plugin yang telah dirancang khusus untuk fungsi pembatasan kategori postingan author, yakni plugin Restrict Author Posting.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Restrict Author Posting. Setelah diaktifkan, Anda perlu menghampiri menu Users, kemudian meng-klik link edit di sebelah nama pengguna yang hendak Anda batasi.

Cara Membatasi Author Kategori Tertentu di WordPress 1

Di halaman profil pengguna, scroll ke bawah hingga Anda menemukan bagian Restrict Author Post to a category. Pada kotak di sebelah tulisan “Writing to:” pilih kategori yang boleh ditulisi oleh si pengguna.

Cara Membatasi Author Kategori Tertentu di WordPress 2

Pengguna yang telah Anda batasi akan menerima notifikasi bahwa mereka diizinkan untuk memposting hanya di kategori yang telah Anda pilihkan. Sehingga, pada kesempatan berikutnya, si pengguna hanya bisa membuat atau mengedit postingan di kategori tersebut.

Jika Anda ingin menghapus pembatasan terhadap sebuah akun author, cukup datang ke halaman profil penggunanya lagi lalu scroll ke bawah ke bagian Restrict Author Post to a category. Kali ini, Anda harus memilih pilihan No Restrict pada kotak yang tersedia.

Semoga bermanfaat!