Tutorial

Cara Melindungi File Komputer Agar Tidak Bisa di Copas (Copy Paste)

Memiliki komputer ataupun laptop pribadi saat ini memang merupakan salah satu hal yang dirasa sangat penting bagi pelajar maupun pekerja. Begitu pula dengan Anda sebagai pengguna teknologi, bukan? Karena dengan memiliki perangkat teknologi tersebut, Anda dapat dengan leluasa mengerjakan tugas ataupun akitivitas komputasi lain dan menyimpannya untuk kepentingan pribadi. Lalu bagaimana jika data pribadi di dalam perangkat pribadi Anda tiba-tiba diambil dengan cara di copy oleh seseorang?

Cara Melindungi File Komputer Agar Tidak Bisa di Copas (Copy Paste)

Mulai saat ini Anda tidak perlu khawatir, pada postingan kali ini kami akan memberikan tips mengenai cara melindungi file di komputer agar tidak dapat di copy paste oleh seseorang tanpa sepengetahuan Anda. Tapi bila Anda yang ingin menyalin file tersebut, Anda dapat mengembalikannya ke pengaturan awal sehingga file bisa Anda copy paste dalam komputer tersebut.

Berikut cara melindungi file komputer agar tidak bisa di copas (copy paste).

1. Langkah pertama, masuk ke Regedit dengan cara menekan tombol “Start” lalu pilih “Run” atau dengan cara cepat tekan Windows+R. Kemudian ketiklah “Regedit” dan tekan Enter.

Cara Melindungi File Komputer Agar Tidak Bisa di Copas (Copy Paste) 1

2. Kemudian, pilih HKEY_LOCALMACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control.

3. Berikutnya, klik kanan pada posisi “Control” dan klik “New” lalu pilih “Key”.

Cara Melindungi File Komputer Agar Tidak Bisa di Copas (Copy Paste) 2

4. Langkah ke empat, beri nama pada folder tersebut dengan nama “Storage Device Policies” tanpa tanda petik.

5. Klik kanan pada folder “Storage Device Policies”.

Cara Melindungi File Komputer Agar Tidak Bisa di Copas (Copy Paste) 3

6. Setelah itu, klik atau pilih “New” lalu “Dword Value”. Kemudian beri nama dengan “WriteProtect” tanpa tanda petik.

7. Langkah selanjutnya adalah klik kanan pada “WriteProtect” dan pilihlah modify. Dan ubah value data menjadi “1” seperti pada gambar berikut.

Cara Melindungi File Komputer Agar Tidak Bisa di Copas (Copy Paste) 4

8. Langkah terakhir adalah melakukan Restart pada komputer Anda.

Anda dapat mengeceknya dengan melakukan copy paste file komputer Anda tersebut. Anda tidak dapat mengcopy paste file yang ada di komputer untuk dimasukkan ke flashdisk. Namun jika ingin menyalin file dari flashdisk ke komputer, Anda tetap dapat melakukannya.

Jika Anda ingin mengembalikan ke pengaturan awal, Anda hanya perlu mengubah value data menjadi nol dan restart komputer lagi.