Seputar Tekno

Cara Kerja Sistem Komputer

Sistem komputer didefinisikan sebagai jaringan elektronik yang terdiri dari sejumlah perangkat dengan fungsinya masing-masing. Sebagaimana diketahui, pengolahan data menggunakan komputer dikenal dengan istilah EDP. Pengolahan data itu sendiri merupakan proses untuk mengolah input menjadi output yang berupa informasi. Untuk digunakan mengolah data menjadi informasi, diperlukan adanya sistem komputer.

Cara Kerja Sistem Komputer

Sistem komputer bekerja dengan tahapan-tahapan penting yang terhubung satu sama lain sebagai berikut :

1. Input
Input atau pemasukan merupakan tahap awal dari proses pengolahan data dengan sistem komputer. Tahapan input dilakukan dengan memasukkan data mentah (raw data) ke dalam sistem komputer melalui perangkat input (input device). Contoh dari input device tersebut antara lain keyboard, scanner, microphone, dan lain-lain. Perangkat-perangkat ini digunakan untuk memasukkan data yang hendak diolah menjadi informasi. Keyboard digunakan untuk memasukkan huruf, angka, ataupun simbol. Lalu, scanner digunakan untuk memasukkan data berupa gambar. Kemudian, microphone digunakan untuk memasukkan data berupa suara.

2. Process
Process atau pemrosesan merupakan tahap pengolahan data yang dilakukan oleh perangkat proses (processing device) berupa CPU. Ada tiga fungsi dasar dari pemrosesan data yang dilakukan oleh CPU, yaitu fungsi kontrol, fungsi register, dan fungsi Arithmetic and Logic Unit (ALU). Fungsi ALU ini berupa operasi perhitungan aritmetika dan logika, atau dengan kata lain, CPU memproses data sesuai dengan instruksi program. Dengan demikian, CPU bekerja sesuai dengan program-program yang terdapat dalam suatu aplikasi. Data mentah tadi diproses sedemikian rupa hingga menjadi informasi yang bermanfaat.

3. Output
Output atau pengeluaran merupakan tahap pencetakan informasi yang bisa berupa file hardcopy ataupun file softcopy, melalui perangkat output (output device). Hardcopy artinya menggunakan media atau objek berbentuk fisik seperti buku, surat, dokumen, dan lain-lain. Sedangkan softcopy artinya menampilkan informasi secara visual, sebab informasi tidak berupa objek fisik, tetapi dalam bentuk objek digital. Contoh dari output device tersebut antara lain printer, monitor, proyektor, dan lain-lain.

4. Storage
Tahap keempat ini merupakan proses rekaman hasil pengolahan data ke perangkat penyimpanan (storage device). Tujuannya agar informasi dapat kembali dipergunakan sebagai input untuk proses selanjutnya, bisa jadi informasi yang sudah ada masih membutuhkan tambahan data atau akan digunakan untuk keperluan lainnya. Adapun pengolahan data yang dilakukan oleh sistem komputer ini tidak memiliki akhir. Meskipun pangkalnya adalah input data, output data bukan berarti ujungnya. Sebab, informasi yang telah diperoleh masih bisa dikembangkan lagi menjadi informasi lain.

Semoga bermanfaat!