Tutorial

Cara Install SoundCard HD Audio Realtek di Windows XP

Anda pasti sudah pusing 7 keliling dengan komputer atau laptop yang tak juga mengeluarkan suara jika sampai di posting ini. Masalah instalasi sound card HD audio realtek di Windows XP memang gampang-gampang susah untuk diatasi meski Anda merasa sudah melakukan install seluruh driver yang dibutuhkan. Jika VGA, USB, LAN dan device lain sudah berjalan sebagaimana mestinya, soundcard HD audio realtek terkadang memang membutuhkan penanganan khusus.

cara instal soundcard hd realtek audio 1

Berikut cara install driver soundcard HD Audio Realtek di WIndows XP pada PC atau laptop :

[sociallocker]1. Pastikan driver soundcard yang Anda miliki sudah benar. Jika driver Anda dapatkan dari CD bawaan motherboard, biasanya file sudah benar. Jika driver Anda download dari internet, silahkan cek kembali apakah sudah benar. Untuk mengecek, Anda dapat melihat model/tipe motherboard Anda dengan cara membuka casing. Untuk laptop, Anda dapat melihat model melalui menu dxdiag pada run. Perlu diperhatikan bahwa setiap motherboard memiliki driver yang berbeda.
2. Jika driver sudah dipastikan benar, silahkan siapkan dalam hardisk atau masukkan CD-nya ke dalam CD rom Anda. Sebelumnya, pastikan driver yang sudah terinstal dibersihkan terlebih dahulu. Caranya adalah melalui add/remove program di control panel, atau melalui klik kanan my computer > Properties > System Properties > Hardware > Device Manager. Cari soundcard dan lakukan uninstall seperti gambar dibawah.

cara instal soundcard hd realtek audio

3. Restart PC / Laptop Anda.
4. Pada saat booting kembali, secara default komputer akan meminta driver soundcard yang tidak tersedia. Ikuti pilihan yang tersedia untuk install driver yang sudah Anda siapkan pada langkah (1) diatas.
5. Jika setelah instalasi icon volume tidak muncul di sebelah kanan bawah, silahkan munculkan melalui Control Panel > Sound,Speech,and Audio Devices > Sound and Audio Devices Properties > Pastikan Anda mencentang pilihan ‘Place volume icon in the taskbar’. Jika sudah tercentang, hilangkan centang dan centang kembali > Apply > OK.
6. Seharusnya sekarang suara komputer Anda sudah keluar. Jika belum, silahkan restart PC Anda.[/sociallocker]

Semoga bermanfaat!