Tips & Trik

Cara Instalasi SSD Tanpa install Ulang di Windows dan Mac

Kemampuan SSD dapat beroperasi lebih cepat dibandingkan harddisk biasa. Apabila Sobat Gaptex telah mengetahui perbedaan SSD dan HDD, pastinya telah mengetahui apa saja yang membuat SSD lebih baik. Namun Anda jangan senang terlebih dahulu sebab pemindahan serta instalasi SSD cukup rumit. Lantas bagaimana caranya? Mari simak cara instalasi SSD tanpa install ulang di Windows dan Mac di bawah ini.

1. Pada Windows
Hal pertama yang bisa Anda lakukan ialah memback up seluruh data dari HDD ke dalam hard drive yang berkapasitas sama dengan HDD laptop Anda. Setelah itu, hapuslah seluruh data di HDD untuk membuat ukuran instalasi Windows cukup kecil sehingga bisa dimuat ke SSD. Selanjutnya, Anda akan melakukan cloning dari HDD ke SSD, yang mana proses ini akan menghapus seluruh file pada HDD.
Perlu diingat, kalau laptop hanya mempunyai 1 tempat untuk Hard Drive sehingga hanya ada dua pilihan yakni membeli SSD yang kapasitas sama besar dengan HDD atau menghapus optival drive dan menggantikannya dengan second hard drive. Adapun langkah-langkah instalasi SSD tanpa install ulang pada Windows yaitu:
· Defrag dan back up data
· Memindahkan data selain instalasi Windows Anda
· Migrasi data ke SSD yang baru
· Wipe HDD yang sudah di clone
· Pindahkan data yang sudah di back up tadi ke dalam HDD
· Selesai.

2. Pada Macbook
Dibandingkan pada Windows, instalasi SSD di Macbook lebih mudah lagi karena Macbook telah mempunyai slot tersendiri untuk penyimpan kedua. Adapun langkah-langkah menginstall SSD pada Macbook ialah:
· Buka bagian bawah casing Macbook
· Kemudian, Anda akan melihat sebuah kotak hitam yang berada di pojok kanan atas, bukalah bagian tersebut
· Setelah itu, buka juga tempat Optical Drive. Pastikan baut-baut kecil tidak tercecer sembarangan
· Jika Anda sudah melepaskan seluruh baut yang ada di optical drive, maka sekarang lepaskan wadahnya dan letakkan SSD Anda di tempat tersebut
· Pasang kembali tutup optical drive beserta baut-bautnya, kemudian nyalakan Macbook Anda.
· Lakukan pengecekan pada sistem, apakah SSD telah terdeteksi.
· Kalau SSD belum terdeteksi, cek kembali apakah SSD yang terpasang kompatibel dengan slot SATA pada Macbook.