Blogging

Cara Instal Google Analytics di WordPress

Mengetahui bagaimana para pengunjung berinteraksi dengan website Anda adalah krusial jika ingin sukses. Cara terbaik untuk mengenal para pengunjung Anda ialah dengan melihat statistik traffic, dan inilah yang ditawarkan oleh Google Analytics secara GRATIS. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa Google Analytics itu penting, dan bagaimana Anda dapat menginstalnya dalam blog WordPress.

Cara Instal Google Analytics di WordPress

Kenapa Google Analytics penting bagi blogger?
Karena Google Analytics mencatat :
– Siapa yang mengunjungi website Anda
Google Analytics dapat memberitahu Anda lokasi geografis dari para pengunjung, jenis browser yang mereka pakai, resolusi layarnya, bahasa, JaavaScript support, Flash support, dan lain-lain. Data-data tersebut amat berguna. Misal, ketika Anda hendak mengubah desain blog atau membuat blog baru, Anda bisa memanfaatkan data tersebut untuk memastikan bahwa website bakal kompatibel dengan ukuran layar pengunjung. Bila kebanyakan pengunjung tidak memiliki dukungan Flash, maka hindarilah penggunaan Flash.

– Apa yang mereka lakukan di website Anda
Anda dapat mengetahui ke mana saja para pengunjung berkelana di dalam website, berapa lama mereka berada di sana, serta bounce rate. Dengan demikian, Anda dapat mengurangi bounce rate serta meningkatkan pageview.

– Kapan mereka mengunjungi website Anda
Dengan melihat jam dengan traffic terpanas di website Anda, Anda bisa mengetahui waktu terbaik untuk mempublikasikan post. Sekalipun zona waktu pengunjung tidak sama dengan Anda, Anda bisa meng-schedule waktu postingan.

– Dari mana mereka mencapai website Anda
Bagian ini menampilkan asal dari mana user datang ke website Anda, apakah dari search engine, direct link, atau referral link dari website lain, termasuk dengan persentasenya. Anda bisa memanfaatkan data ini untuk mengembangkan website Anda lebih lanjut. Jika sumber pengunjung utama berasal dari twitter, sebagai contoh, Anda perlu membuat konten twitter-exclusive supaya audien twitter merasa spesial. Atau, Anda bisa melakukan partnership dengan website yang menjadi sumber pengunjung Anda.

– Bagaimana mereka berinteraksi dengan konten website Anda
Google Analytics menampilkan bagaimana pengunjung berinteraksi dengan isi website. Anda bisa melihat persentase jumlah pengunjung yang meng-klik link tertentu. Dengan melihat ini, Anda bisa mengoptimumkan isi website.

Bagaimana Cara Sign-up Google Analytics
Langkah 1
Anda perlu memiliki akun Google Analytics. Kalau sudah punya akun Gmail, Anda bisa menggunakannya buat sign-in tanpa perlu membuat akun baru.

Cara Instal Google Analytics di WordPress 1

Langkah 2
Setelah sign-in untuk pertama kali, Anda akan mendapatkan tampilan berikut. Klik “Sign Up”.

Cara Instal Google Analytics di WordPress 2

Langkah 3
Pada tampilan berikutnya, tersedia dua pilihan apakah Anda membutuhkan layanan untuk website atau aplikasi mobile. Pilih website. Kemudian, isilah form dengan informasi website Anda. Setelah selesai, klik tombol “Get Tracking ID”. Silahkan baca serms and service dari Google Analytics, lalu klik tombol “I Agree” bila Anda setuju.

Cara Instal Google Analytics di WordPress 3

Langkah 4
Anda akan memperoleh kode tracking Google Analytics. Copy kode tersebut karena Anda harus memasukannya di website WordPress Anda. Biarkan tab pada halaman itu tetap terbuka karena Anda bakal ke sana lagi nanti.

Cara Instal Google Analytics di WordPress 4

Cara Instal Google Analytics di WordPress
Ada tiga cara yang dapat Anda gunakan untuk memasang Google Analytics di WordPress. Cara yang direkomendasikan ialah metode plugin.

Metode Plugin
Ada segunung plugin yang bisa dipakai untuk memasukkan Google Analytics, tapi sangat baik bila Anda menggunakan yang sederhana dan ringan saja. Paste kode tadi di halaman setting plugin.

Metode Paste Langsung
Buka file header.php tema WordPress Anda. Tepat di bawah tag, paste kode tadi.

Metode functions.php
Catatan penting : gunakan metode ini hanya bila Anda paham seratus persen akan apa yang Anda lakukan. Masukkan kode berikut di file functions.php tema Anda serta jangan lupa untuk memasukkan kode Google Analytics tadi juga tempat yang disediakan.
1 <?php
2 add_action(‘wp_footer’, ‘add_googleanalytics’);
3 function add_googleanalytics() { ?>
4 // **paste kode Google Analytics tadi di sini**
5 <?php } ?>

Setelah Anda menginstal Google Analytic di blog, kembalilah ke tab pada langkah 4 tadi, klik “Save”. Google butuh sekitar 12 – 24 jam sebelum dapat memberikan stat-stat keren yang Anda butuhkan. Klik tab Reporting untuk melihat analisa website Anda.

Cara Instal Google Analytics di WordPress 5

Semoga bermanfaat!