Tutorial

Buat Paspor Online? Bisa! Ini Caranya …

Sahabat Gaptex, pada posting kali ini kita akan mengulas secara lengkap tentang cara membuat paspor secara online yang sudah bisa dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Tutorial ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang berencana untuk membuat paspor secara lebih mudah. Tentu saja bebas calo, bebas antri (ketika mendaftar) dan bebas ribet! So, stop menjadi gaptex dan mulailah membaca!

Buat Paspor Online 1

Ini dari pembuatan Paspor secara Online ini adalah untuk mempermudah proses registrasi saat kita pertama datang ke Kantor Imigrasi.

Berikut langsung saja 6 langkah buat paspor online yang dapat Anda lakukan step-by-step :

1. Step pertama, siapkan dokumen untuk membuat paspor yang dibutuhkan dalam bentuk digital. Anda dapat melakukan scan atau foto semua dokumen, meliputi :
– Akte Kelahiran.
– KTP.
– Kartu Keluarga.
– Ijazah Terakhir.
– Surat Nikah (untuk yang telah menikah).

Pastikan gambar digital untuk dokumen diatas terlihat jelas dan tidak miring.

2. Masuk ke website resmi imigrasi Indonesia disini. (laman layanan paspor online).
3. Silahkan isi form yang ada di website diatas Online di imigrasi. Tata cara pengisian Aplikasi/ Formulir Pengajuan pembuatan Paspor secara online bisa Anda lihat disini : dokumen pdf.

Buat Paspor Online
4. Jika sudah, klik ‘simpan’ dan Anda akan secara otomatis memperoleh bukti pendaftaran berisi nama dan nomor pendaftaran. Print bukti ini untuk Anda serahkan kepada petugas imigrasi.
5. Langkah berikutnya, silahkan datangi kantor imigrasi terdekat. Serahkan bukti pendaftaran diatas kepada petugas. Pada tahapan ini, Anda akan diberikan lagi surat untuk tahap selanjutnya yaitu foto. Proses ini menunggu sekitar 2 minggu. Jadwal foto ini akan diberitahukan kepada kita. Proses no (5) ini biasanya akan memakan waktu sekitar 15-30 menit saja.
6. Datanglah kembali ke kantor imigrasi pada saat jadwal foto. Nah, menunggu giliran inilah yang terkadang memakan waktu bisa sampai setengah hari. Persiapkan waktu dan berbagai hal lain yang membuat proses menunggu menjadi lebih menyenangkan!
7. Setelah foto, Anda akan diminta untuk menunggu sekitar 10-15 menit sebelum paspor jadi dan diserahkan kepada Anda.

Pembuatan passpor melalui cara diatas cukup murah dengan tarif resmi yang diberlakukan, sekitar Rp. 270rb untuk saat ini (harga bisa berubah dan naik kapan saja).

Semoga bermanfaat!