Seputar Tekno

Apa Perbedaan Baterai Li-Ion dan Li-Po?

Dulu, baik smartphone maupun laptop wajib menggunakan baterai Lithium-Ion/Li-Ion (removable). Namun semakin majunya teknologi, kini sudah banyak laptop ataupun ponsel yang menggunakan baterai Lithium-ion Polymer/Li-Po (nonremovable).

Apa Perbedaan Baterai Li-Ion dan Li-Po

Kedua jenis baterai itu memiliki banyak perbedaan. Salah satu perbedaan yang bisa kita jadikan patokan dalam membedakan mana baterai Lithium ion dan Lithium Polymer adalah baterai Li-ion dapat dilepas dari tempatnya, sedangkan Li-Po tidak bisa dilepas dari tempatnya. Butuh teknisi khusus HP/laptop untuk melepaskan baterai Li-Po.

Baterai Li-ion menggunakan senyawa lithium Interkalasi sebagai bahan elektrodanya. Li-Ion bergerak dari elektroda negatif ke elektroda positif saat dilepaskan, dan akan kembali lagi saat diisi ulang. Sedangkan baterai Li-Po bersifat cair (Liquid), dan menggunakan elektrolit polimer yang sangat padat serta mampu menghantarkan daya yang lebih cepat. Baterai ini menggunakan senyawa lithium metalik sebagai bahan elektrodanya.

Baterai jenis Li-Ion merupakan baterai yang paling banyak dipakai pada laptop, tablet, dan smartphone karena terbilang ringan, harganya murah, dan juga memiliki kemampuan untuk menyimpan energi listrik yang lumayan besar. Baterai ini juga hampir tidak mengandung zat yang berbahaya, tapi sangat mudah meledak apalagi jika terkena api. Karena itulah sangat disarankan untuk tidak membuangnya ditempat sampah apalagi dibakar jika baterai sudah rusak.

Baterai Li-Po sendiri terbilang baru muncul, tapi sudah banyak juga dipakai pada benda elektronik terutama laptop, tablet dan smartphone berbody tipis. Karena baterai satu ini sangat ringan dan memiliki bentuk yang fleksibel dan tipis. Ciri utama baterai ini adalah tidak bisa dilepas dari perangkatnya. Jika baterai rusak atau ingin diganti, pengguna harus membawanya ke teknisi handal yang memang mampu melepasnya.

Berikut kami simpulkan kelebihan dan kekurangan masing-masing dari baterai Li-Ion dan juga Li-Po.

Kelebihan baterai Li-Ion
– Mudah ditemukan di pasaran dan harganya murah
– Mudah dirawat
– Dapat dilepas/diganti dengan mudah
– Menampung lebih banyak energi
– Lebih cocok untuk gadget portable

Kekurangan baterai Li-Ion
– Tidak kuat terhadap suhu tinggi
– Ukuran fisik yang tebal dan besar mengikuti besarnya kapasitas mAh
– Umur baterai pendek
– Jika isi ulang berlebihan akan menurunkan daya baterai

Kelebihan baterai Li-Po
– Lebih Ringan dan tipis
– Lebih Aman
– Tahan lama
– Ramah lingkungan
– Fleksibel, bisa dibuat berdasarkan kebutuhan

Kekurangan baterai Li-Po
– Sulit dirawat
– Harga relatif mahal
– Daya tampung energi rendah
– Tidak bisa diganti sendiri oleh pengguna
– Sulit ditemukan di pasaran

Semoga bermanfaat!