Seputar Tekno

Apa Itu Windows Azure?

Windows Azure adalah sebuah platform dan infrastruktur layanan cloud computing yang dikembangkan oleh Microsoft untuk membangun, menjalankan, dan mengelola aplikasi serta layanan web online melalui sebuah jaringan global yang berpusat di data center Microsoft. Ia menyediakan layanan Platform as a Service (PaaS) serta Infrastructure as a service (IaaS).

Apa Itu Windows Azure

Windows Azure mendukung sejumlah besar bahasa pemrograman (termasuk JavaScript, .NET, Node.js., XML, REST, SOAP, dan Python), tool, dan framework, baik software dan system dari Microsoft sendiri maupun dari pihak ketiga. Bersama dengan Amazon Web services, Windows Azure kerap dianggap sebagai jawara di lapangan bisnis IaaS.

Windows Azure telah mengalami beberapa kali perubahan nama. Mula-mula dikenal dengan istilah ‘Red Dog’ ketika masih dalam tahap perancangan, ia pertama kali diluncurkan pada bulan Oktober 2008 dengan nama Windows Cloud. Di bulan Februari 2010, namanya berubah menjadi Windows Azure, dan terakhir pada tanggal 25 Maret 2014 diubah lagi menjadi Microsoft Azure.

Windows Azure didesain untuk membuat manajemen IT menjadi lebih mudah. Tujuan utamanya adalah untuk meminimalisir biaya operasional dan personil yang dibutuhkan untuk pembuatan, distribusi, dan upgrade aplikasi web. Windows Azure dapat dianggap sebagai suatu bentuk layanan cloud computing. Windows Azure terdiri atas berbagai layanan on-demand, yang dikelompokkan ke dalam beberapa brand produk.

Secara umum, ada sebelas jenis utama layanan Windows Azure :
1. Compute
Yakni layanan-layanan yang menyediakan mesin virtual, kontainer, pemrosesan batch, dan akses aplikasi dari jarak jauh.
2. Web and mobile
Yakni layanan-layanan yang mendukung pengembangan dan pengoperasian aplikasi web dan mobile, termasuk menawarkan fitur-fitur manajemen API, notifikasi, dan pelaporan.
3. Data storage
Dalam kategori ini termasuk layanan Database as a Service untuk SQL dan NoSQL, serta penyimpanan cloud unstructured dan cached.
4. Analytics
Layanan-layanan yang menyediakan analisis dan penyimpanan terdistribusi, analisis real-time, analisis data besar, data lakes, machine learning, dan data warehousing.
5. Networking
Yaitu layanan-layanan seperti jaringan virtual, koneksi dan gateway terdedikasi, manajemen traffic data, load balancing, serta hosting DNS.
6. Media and content delivery network
Yaitu layanan-layanan on-demand streaming, encoding, serta media playback dan media indexing.
7. Hybrid integration
Yakni layanan untuk backup server, pemulihan situs, dan menghubungkan jaringan cloud private dengan jaringan cloud publik.
8. Identity and access management (IAM)
Yakni fitur-fitur untuk memastikan hanya pengguna yang terotentifikasi yang dapat menggunakan layanan Windows Azure tertentu, serta membantu melindungi kunci enkripsi dan informasi sensitif lainnya.
9. Internet of Things (IoT)
Yaitu layanan untuk membantu pengguna memonitor dan menganalisa data IoT dari sensor ataupun perangkat lain.
10. Development
Yakni kelompok layanan untuk membantu pengembang aplikasi membagikan kode, menguji produk dan melacak masalah potensial pada produk.
11. Management and security
Yakni produk-produk untuk membantu administrator cloud menangani pengoperasian Windows Azure, penjadwalan dan pelaksanaan task, dan membentuk sistem otomasi. Tersedia pula fitur-fitur untuk identifikasi dan respon terhadap ancaman keamanan.

Layanan dan aplikasi yang dikembangkan dengan platform Windows Azure bekerja di sistem operasi Windows Azure, yang menyediakan sebuah runtime environment untuk aplikasi web beserta layanan-layanan ekstensif sehingga pengguna tidak perlu melakukan maintenance sendiri maupun mengeluarkan biaya mahal untuk sumber daya onsite.

Semoga bermanfaat!