Seputar Tekno

Apa itu Web Hosting

Web hosting termasuk salah satu dari banyaknya jenis hosting yang berupa layanan komputasi online berbasis server. Web hosting sendiri berupa layanan internet yang berguna untuk menyewakan tempat menyimpan berbagai macam data dan dokumen yang nantinya dibutuhkan oleh sebuah website. Data-data tersebut berupa gambar, aplikasi, email, database dan sebagainya.

Apa itu Web Hosting

Bila di ibaratkan dengan kata lain, web hosting adalah sebuah mall, maka web Anda adalah kios yang menyewa di salah satu tempat di bagian mall tersebut. Pihak mall akan memberikan berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh si penyewa kios. Begitu pula dengan web hosting yang akan menyewakan tempat dan fasilitasnya untuk pengguna website.

Kegunaan web hosting adalah untuk mempermudah para pengguna web untuk dapat menyimpan data yang diperlukan dalam sebuah website yang dikelolanya. Hal ini akan sedikit merepotkan apabila Anda tidak menyimpan data atau file tersebut di web hosting. Selain itu, web hosting ini dapat menyimpan email, video, gambar dan dapat digunakan untuk membuat blog atau website. Biasanya web hosting akan menarik biaya per bulannya untuk para pengguna web tersebut.

Oleh sebab itu, saat Anda hendak memiilih web hosting, alangkah baiknya jika memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

1. Kapasitas
Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah berapa kapasitas yang diperlukan untuk website yang akan dikelola. Apakah Anda memerlukan 500 MB, 1 GB atau bahkan lebih. Hal tersebut membuat Anda harus memilih kapasitas web hosting dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan.

2. Teknologi
Setelah kapasitas, yang perlu di perhatikan lainnya adalah teknologi apa yang digunakan dalam website yang dikelola. Apakah Anda ingin menggunakan server dari Linux atau Windows. Apabila Anda membuat file dengan PHP, maka web hosting yang dipilih harus mendukung format file PHP tersebut.

3. Bandwitdh
Bandwitch yaitu besarnya data transfer selama sebulan. Apabila sebuah perusahaan hosting memberikan bandwitch 100 MB selama 1 bulan, maka Anda hanya mempunyai file HTML dengan ukuran 20 kb dan jumlah pengunjung perharinya sebanyak 100 orang. Jadi, Anda akan menghabiskan bandwitch perhari adalah 20 kb x 100 orang = 2000 kb/ 2 MB, dan jika sebulan maka 2 MB x 31 hari = 62 MB.