Seputar Tekno

Apa Itu VRAM?

Halo, sobat Gaptex! Pada kesempatan kali ini, kita bakal sedikit membahas tentang sebuah istilah teknis yang pasti pernah Anda dengar atau lihat beberapa kali terutama ketika mengotak-atik setting kartu grafis komputer, yaitu “VRAM”. Seperti yang bisa Anda lihat, namanya mirip dengan istilah “RAM”, tetapi keduanya adalah dua hal yang berbeda. Serupa, tapi tak sama.

Apa Itu VRAM

VRAM memiliki kepanjangan Video Random Access Memory. Jika System RAM bekerja untuk pemuatan dan penjalanan program, VRAM mengurus urusan olah grafis. VRAM merupakan memori tempat menyimpan data gambar yang hendak ditampilkan oleh komputer. Ia bertindak sebagai buffer alias perantara antara CPU dan kartu grafis. Ketika sebuah gambar hendak ditampilkan di layar, gambar dibaca terlebih dahulu oleh prosesor, kemudian ditulis di VRAM dalam bentuk data digital. Data digital tersebut kemudian dikonversikan oleh RAMDAC (RAM digital-to-analog Converter) menjadi sinyal-sinyal analog untuk dikirimkan ke layar.

Berbeda dengan System RAM, chip VRAM memiliki sifat dual-port, yang berarti ia dapat bekerja dua arah. Selagi layar membaca VRAM untuk me-refresh gambar yang sedang ditampilkan, prosesor sudah menuliskan data gambar baru kepada VRAM. Mekanisme ini mencegah terjadinya blur di antara pemuatan gambar.

Ada beberapa jenis VRAM, salah satu yang paling populer adalah Synchronous Graphics RAM (SGRAM), yakni jenis RAM yang tersinkronisasi dengan clock sehingga data dimanipulasi dalam satu proses operasi alih-alih dalam rangkaian operasi read, write, dan update. Hal ini memungkinkan gambar background dan foreground dapat ditangani secara lebih efisien.

Sementara VRAM jenis Rambus Dynamic RAM (RDRAM) memiliki rangkaian bus yang mempercepat proses transfer data yang melalui dirinya. Karena kecepatan proses olahnya, RDRAM disukai para penggiat video editing.

VRAM jenis ketiga yakni Window RAM (WRAM). WRAM memiliki performa yang tinggi dengan bandwidth 25% lebih lebar dari VRAM standar.

Terakhir, ada Multibank Dynamic RAM (MDRAM) yang juga memiliki performa tingkat tinggi. Memori pada MDRAM terbagi menjadi beberapa bagian yang berukuran 32 KB, masing-masing dapat diakses secara individual. Sehingga, proses transfer memori menjadi lebih efisien dan cepat. Keunggulan lain dari MDRAM yakni ia dapat dirancang dengan jumlah kapasitas memori yang sesuai dengan resolusi layar, sehingga secara umum ia lebih murah dibandingkan jenis VRAM yang lain.