Seputar Tekno

Apa itu VMware ESXi

Apabila Sobat Gaptex pernah menggunakan teknologi virtualisasi, pasti sudah tidak asing lagi dengan VMware bukan? Ya, VMware merupakan perusahaan penyedia perangkat lunak cloud computing dan virtualisasi. Istilah VMware juga kerap dipakai untuk nama-nama produk mereka, misalnya VMware Workstation, VMware View, dan VMware vSphere.

Apa itu VMware ESXi

vSphere adalah salah satu produk software suite dari VMware yang di dalamnya berisikan VMware ESXi, vCenter, vSphere Client, dan masih banyak lagi. Penggolongan ini sama saja dengan Microsoft Office yang di dalamnya ada Word, Excel, Powerpoint, dan sebagainya. Dan pada kesempatan kali ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai VMware ESXi.

VMware vSphere Hypervisor atau Esxi yaitu sistem operasi yang powerful dengan banyak digunakannya data center dan dijalankan secara de facto untuk menjadi market leader sistem operasi berbasis teknologi virtualisasi. Walaupun fitur-fitur advanced hanya tersedia di VMware vSphere yang memiliki lisensi komersil, VMware juga memberikan para pengguna ESXi Hypervisor secara gratis. Dengan kata lain, ESXi Hypervisor adalah mesin utama bagi teknologi virtualisasi dengan server berbasis VMware vSphere.

Software vSphere menjadi virtualisasi server yang dijalankan dalam sistem operasi bare metal. Bare metal ini juga sering disebut dengan hypervisor 1 atau native hypervisor yang berjalan langsung pada perangkat keras untuk menangani virtual machine. Misalnya seperti teknologi virtualisasi dengan OS bare metal adalah VMware ESXi, Microsoft Hyper-V Hypervisor dan Citrix XenServer.

Sebaliknya, lawan dari hypervisor 1 adalah hypervisor tipe 2 atau sering disebut dengan hosted hypervisors yang berjalan dalam OS Konvensional, seperti VirtualBox, VMware server, VMware Workstation, dan Xen Hypervisor. Semua software tersebut sudah berjalan di atas sistem operasi Linux, seperti SUSE Linux Enterprise Server, Red Hat Enterprise Linux, CentOS, Ubuntu, dan lain-lain.

VMware ESXi sering digunakan banyak orang karena teknologi virtualisasi yang di usungnya memiliki performa yang tannggu dibandingkan hosted virtualization, sehingga sangat cocok untuk para pengguna di level enterprise atau corporate yang menginginkan virtualization techonology dengan mudah dan simpel.