Seputar Tekno

Apa Itu USB Type C?

Di antara beragam fitur yang dimiliki smartphone, salah satunya adalah USB Type C. USB sendiri sudah dikenal luas sebagai teknologi yang memungkinkan untuk transfer data antar perangkat. Sejak diperkenalkan tahun 1994, USB terus mengalami perkembangan hingga sampailah pada kemunculan USB Type C.

Apa Itu USB Type C

Berbicara tentang USB, kita akan menemukan bahwa standar untuk kabel dan koneksi antar perangkat tersebut memiliki generasi dan tipe tersendiri. Sejarah dimulai dengan USB 1.0 yang diikuti oleh USB 2.0. Saat ini, generasi terbaru adalah USB 3.0. Setiap generasi USB memiliki jenis konektor yang diperuntukkan masing-masing koneksi dimana konektor USB 2.0 adalah yang paling banyak digunakan.

USB 2.0 memiliki konektor besar berbentuk persegi panjang. Terkadang, Anda mungkin agak kesulitan dalam menentukan bagian atas dan bawahnya ketika akan menyambungkan dengan perangkat lain. Sementara itu, konektor USB 1.0 yang rilis tahun 1996 saat ini sudah tidak digunakan lagi setelah rilis USB 2.0 pada tahun 2000. Sedangkan untuk USB 3.0, konektor yang rilis tahun 2008 tersebut masih bersaing dengan USB 2.0.

Apa Itu USB Type C 1

Dalam hal tipe, USB dibagi menjadi tipe A dan tipe B. Anda akan menemukan USB Type A seperti pada laptop atau komputer dan USB Type B seperti pada printer atau scanner. Keduanya digolongkan lagi jenisnya menjadi mini dan micro seperti dapat dilihat pada gambar di atas. Saat ini, untuk jenis konektor mini dan micro tipe A sudah jarang digunakan. Sedangkan untuk jenis konektor mini dan micro tipe B terasa lebih akrab karena dapat Anda temukan di berbagai perangkat sehari-hari.

Banyak smartphone yang menggunakan USB 2.0 micro-B, berikut ini adalah semua tipe yang dimiliki masing-masing USB :

USB 2.0
– Standar Type A
– Standar Type B
– Mini Type A
– Micro Type A
– Mini Type B
– Micro Type B

USB 3.0
– Standar Type A
– Standar Type B
– Micro Type B

USB Type C adalah inovasi USB dalam hal tipe yang digunakan. USB Type C tidak jauh berbeda dengan jenis mini dan micro, artinya hanya terdapat satu ukuran untuk laptop atau komputer dan juga smartphone yang sebelumnya menggunakan USB Type A dan USB Type B. Desain dari USB Type C memiliki ukuran lebih ramping daripada USB 2.0 dan USB 3.0 sehingga tidak terlalu jadi masalah untuk smartphone berukuran tipis.

Apa Itu USB Type C 2

Apa Saja Keunggulan USB Type C?
USB Type C diperuntukkan generasi terbaru USB 3.1 dengan kecepatan transfer data mencapai 10 Gbps. Kecepatan ini dua kali lebih tinggi daripada USB 3.0 yang berkecepatan 5 Gbps dan jauh lebih tinggi daripada USB 2.0 yang berkecepatan 480 Mbps. Data tersebut menunjukkan bahwa salah satu keunggulan USB Type C adalah dalam hal kecepatannya.

Selain itu, keunggulan lain yang dimiliki adalah Anda akan mendengar suara “klik” saat memasukkan konektor USB Type C ke dalam port sebuah perangkat sehingga memastikan bahwa USB terpasang dengan posisi yang pas. Anda juga tidak lagi akan tertukar antara bagian atas dan bawah karena USB Type C dirancang dengan bagian yang sama.

Proses charging atau pengisian daya dengan USB Type C juga menjadi lebih cepat. Meski beberapa smartphone memiliki fitur Fast Charging ataupun teknologi Quick Charge, kehadiran USB Type C mampu mempersingkat waktu pengisian baterai. Kuat arus yang mengalir dapat mencapai 5 Ampere jika dibandingkan dengan USB pada umumnya paling tinggi 2 Ampere. Hal ini secara otomatis menjadikan proses charging semakin cepat.

Keunggulan lain dari USB Type C adalah durabilitas atau masa pakai lebih lama. Kabarnya, USB terbaru ini bisa digunakan sampai dengan 10.000 kali cabut pasang. Pada umumnya, USB lain hanya bertahan hingga 1.500 kali cabut pasang. Dan tidak ketinggalan, Anda bisa menikmati gambar dengan resolusi 4K melalui USB Type C dan konektor tambahan jika hendak mencoba menghubungkan smartphone ke televisi atau proyektor yang menggunakan port VGA atau HDMI.

Semoga bermanfaat.