Seputar Tekno

Apa itu Secpol.msc

Keamanan dalam sebuah komputer atau laptop adalah hal yang paling utama. Anda pastinya tidak ingin jika data-data penting di dalamnya diketahui oleh orang lain bukan? Maka dari itu, Anda membutuhkan sebuah aplikasi khusus guna menangkal beberapa serangan keamanan termasuk virus dan sebagainya dengan menggunakan secpol.msc.

Apa itu Secpol msc

Secpol adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengedit dan membuat tingkat keamanan pada setiap komputer atau laptop. Dalam aplikasi tersebut tersedia 4 folder yang penting dan ditambah 1 lagi folder untuk ip. 4 folder yang dimasudkan adalah:
· Account Policies. Pada bagian ini, pengguna bisa mengubah tingkat keamanan yang berupa akun atau user misalnya password dan sebagainya. Dalam folder ini terdapat dua sub folder lagi yakni password policies dan account lock up policies.
· Local Policies. Folder ini berisikan tentang kebijakan-kebijakan yang diterapkan dalam lingkup lokal pada bagian ini terdapat 3 sub folder yakni audit policy, users rights assigment dan security options.
· Public Keys Policies yaitu folder yang berisi kebijakan kunci dalam suatu publik
· Software Restriction Policies yang berisi mengenai kebijakan tentang penginstallan sebuah software
· IP security policies di Local Computer

Salah satu kegunaan secpol.msc yang paling menonjol adalah mencegah virus yang masuk ke dalam PC. Saat ini virus kebanyakan bersumber dari pemakaian flash disk karena perangkat inilah yang sering dipakai oleh kebanyakan orang. Cara kerja virus umumnya ialah virus tersebut menyembunyikan diri di folder target (umumnya folder foto). kemudian virus menyalin dirinya sendiri ke flashdisk dengan nama yang persis sama (foto.exe).

File foto.exe ini memiliki ikon yang persis sama dengan ikon folder sehingga pengguna yang tidak tahu akan mengklik file tersebut. Alih-alih membuka folder foto, tindakan ini justru menjalankan virus yang tak kasat mata. Lantas bagaimana cara mencegah agar flashdisk hanya menyimpan data sementara semua file executable tidak dapat berjalan? Yaitu Anda bisa lakukan dengan secpol.msc. Caranya sangat mudah, Anda hanya butuh mengeklik secpol.msc di Start > Run lalu klik OK. Setelah itu banyak pilihan beragam yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.