Seputar Tekno

Apa Itu SAP (System Application and Product)?

Istilah SAP mula-mula berasal dari Bahasa Jerman, Systeme, Anwendungen, Produkte. Kemudian, ia diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggirs sebagai System Application and Product. SAP merupakan nama sebuah perusahaan sekaligus nama bagi produk-produknya, didirikan pertama kali tahun 1972 oleh lima mantan pegawai IBM di Mannheim, Jerman. Kini, SAP menyatakan diri sebagai perusahaan software inter-enterprise terbesar di dunia, juga perusahaan pembuat software terbesar keempat di dunia.

Apa Itu SAP (System Application and Product)

Ide awal SAP adalah untuk menyediakan kepada para pelanggan suatu kemampuan berinteraksi dengan sebuah database perusahaan yang sama untuk berbagai macam aplikasi. SAP hendak menyajikan suatu solusi total dari ujung ke ujung untuk sistem informasi perusahaan dalam segala bidang, dari finansial, logistik, distribusi, hingga inventaris. Secara bertahap, SAP merancang dan membangun berbagai aplikasi. Hingga sekarang, banyak perusahaan, termasuk IBM dan Microsoft, menggunakan produk-produk SAP untuk menjalankan bisnis mereka sendiri.

Sejak pertama kali didirikan, secara garis besar SAP telah berevolusi melalui tiga macam model arsitektur. Model pertama, digunakan tahun 1972, dinamakan sistem R/1 dan menggunakan satu buah server yang bertugas melakukan untuk layer presentasi, aplikasi, dan database. Model kedua, sistem R/2, dibuat tahun 1979, menggunakan dua buah server, satu untuk menangani layer presentasi sementara yang lain untuk aplikasi dan database. Model ketiga, sistem R/3, adalah yang digunakan hingga sekarang dan memiliki tiga buah server yang masing-masing menangani layer presentasi, aplikasi, dan database secara terpisah.

Aplikasi-aplikasi SAP sekarang dibangun berdasarkan sistem R/3 terbaru mereka, menyediakan kemampuan untuk manajemen finansial, aset, akuntansi biaya, material dan operasi produksi, personil, pabrik, serta arsip dokumen. Sistem R/3 dapat bekerja di berbagai macam platform termasuk Windows 2000 dan menggunakan model client/server. Versi terbaru sistem R/3 menyediakan dukungan internet yang komprehensif.

Secara umum, modul SAP terbagi ke dalam dua kelompok, yakni Functional Modules dan Technical Modules. Functional Modules terdiri atas FICO (Finance and Control), HR (Human Resources), PP (Production Planning), MM (Material Management), dan SD (Sales and Distribution). Technical Modules terdiri atas ABAP (Advanced Business Application Programming), Net Viewer, Basis, XI (Exchange Infrastructure), dan BIW (Business Information Warehousing).

Belum lama ini, SAP telah menyusun ulang penawaran-penawaran produk mereka dalam sebuah tampilan situs web yang lengkap dan menyeluruh, yang disebut mySAP.com. Bersama dengan itu, mereka juga menambahkan berbagai aplikasi e-business, termasuk sistem Customer Relationship Management (CRM) dan Supply Chain Management (SCM).

Hingga Januari 2007, SAP telah memiliki lebih dari 38.400 pekerja di lebih dari 50 negara, serta lebih dari 36.200 pelanggan dari sleuruh dunia. Saat ini, SAP mulai menaruh perhatian khusus terhadap pangsa pasar usaha kecil dan menengah. Sebuah versi sistem R/3 baru diluncurkan untuk platform IBM AS/400.

Semoga bermanfaat!