Seputar Tekno

Apa Itu Samsung Pay?

Aplikasi Samsung Pay hadir secara built-in di beberapa perangkat Samsung Galaxy terbaru, seperti Samsung Galaxy S6, S6 Edge, S6 Active, dan Note 5. Meski begitu, Samsung Pay dapat di-download dan diinstal di perangkat yang kompatibel. Beberapa pengguna masih bingung mengenai apa fungsi aplikasi ini. Jadi, disini kita akan membahas mengenai seluk-beluk Samsung Pay.

Apa Itu Samsung Pay

Apa Itu Samsung Pay?
Sekilas, namanya mirip dengan Apple Pay. Jika Anda sudah mengenal Apple Pay, maka bisa dikatakan bahwa Samsung Pay merupakan layanan yang serupa, dengan beberapa hal yang membedakannya dari layanan pembayaran online ciptaan Apple tersebut. Samsung Pay merupakan suatu platform transaksi yang memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran hanya dengan mendekatkan perangkat Anda ke cash register, alih-alih harus menggesek kartu kredit dan memasukkan detail informasi.

Walau perangkat Anda tidak memiliki Samsung Pay secara built-in, Anda bisa mengunduh dan memasangnya di perangkat yang kompatibel. Kemudian, Anda harus meregistrasikan kartu dan akun keuangan Anda yang hendak dijadikan sebagai media pembayaran dengan Samsung Pay. Setelah selesai, Samsung Pay siap digunakan.

Samsung ingin Samsung Pay hadir sebagai solusi pembayaran mobile yang universal. Meski perangkat Anda tidak memiliki teknologi NFC (Near Field Communication) yang biasa digunakan sebagai basis dari fitur-fitur semacam ini, Anda dapat memasang alat transceiver di perangkat mobile Anda guna memungkinkan penggunaan Samsung Pay.

Samsung Pay Vs Apple Pay
Meski serupa, tetapi kedua layanan ini tidaklah sama. Apple Pay telah menerapkan chip NFC dalam produk-produk mereka sehingga memungkinkan komunikasi antar perangkat via NFC. Namun, Samsung Pay memiliki dukungan yang lebih luas. Samsung Pay dapat digunakan di lebih banyak poin-poin transaksi, paling tidak di 30 milyar lokasi yang tersebar di seluruh dunia, bahkan di tempat yang tidak mendukung NFC! Sebab, Samsung Pay tidak cuma mengandalkan NFC, tetapi juga Magnetic Strip Technology (MST).

Bagaimana cara kerja Samsung Pay?
Ketika hendak melakukan pembayaran, Anda cukup menjalankan aplikasi Samsung Pay. Anda bisa memilih kartu kredit atau akun keuangan yang hendak Anda gunakan dengan menggeser layar, kemudian melakukan otentikasi dengan menempelkan sidik jari di area sensor yang disediakan. Setelah proses otentikasi selesai, Anda akan diminta untuk menempelkan smartphone atau tablet Anda tersebut ke payment reader di kasir. Selesai!

Transaksi akan dilakukan pertama-tama melalui metode komunikasi NFC. Apabila NFC tidak didukung, maka Samsung Pay akan beralih menggunakan MST. Beberapa waktu yang silam di tahun 2015, Samsung memang sengaja membeli perusahaan LoopPay, sebuah startup yang mengembangkan teknologi mobile wallet MST, dengan tujuan untuk memajukan dan memperluas penggunaan mobile wallet, sekaligus bersaing dengan Apple Pay. MST memungkinkan perangkat untuk mengirimkan informasi pembayaran ke terminal konvensional model lama yang masih berbasis magnetic strip.

Apakah Samsung Pay bisa digunakan di Indonesia?
Sayangnya, belum. Tahun ini, Samsung Pay akan hadir di Singapura dan Australia, tetapi belum dipastikan kapan layanan tersebut akan diperluas ke Indonesia. Dikabarkan, kemungkinan ekspansi ke Indonesia tengah dijajaki oleh Samsung. Sementara itu, Samsung Pay juga dikatakan akan hadir di wilayah Eropa. Saat ini, Samsung Pay baru bisa digunakan di Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Cina. Samsung Pay telah didukung oleh banyak institusi perbankan, termasuk MasterCard, Visa, dan American Express.

Samsung Pay, Seberapa Aman?
Untuk urusan keamanan, seperti Apple Pay, Samsung Pay juga menggunakan tokenisation. Detail kartu kredit dan akun keuangan tidak disimpan di perangkat maupun di server. Detail tersebut hanya digunakan di awal registrasi untuk menciptakan suatu deret angka atau token khusus, yang kemudian dijadikan sebagai identitas Anda dalam melakukan transaksi. Token inilah yang dikirimkan ke terminal pembayaran sebagai ganti detail kartu kredit. Adapun token disimpan di perangkat Anda dalam sebuah elemen chip khusus. Lebih lanjut, Samsung Pay dilindungi dan dimonitor secara real-time oleh Samsung Knox.

Semoga bermanfaat!