Seputar Tekno

Apa Itu Router ISR?

Router merupakan peralatan jaringan yang berguna untuk menghubungkan sebuah local network dengan local network lainnya. Router tidak sama seperti switch yang hanya bisa mendecoding frame berisikan informasi MAC Address. Router bertanggung jawab mengenai hal mengkoneksikan antar jaringan dengan cara memilih jalur terbaik untuk paket yang akan diteruskan sampai ke tujuan akhir. Router juga berfungsi sebagai penghubung antara dua jaringan atau lebih untuk menghubungkan data dari satu jaringan ke jaringan yang lainnya.

Apa Itu Router ISR

Komponen-komponen yang terdapat pada Router antara lain:
· CPU, untuk menjalankan perintah operating system
· RAM, berisikan file salinan konfigurasi sistem yang sedang berjalan dan menyimpan routing table
· ROM, berguna untuk menyimpan diagnostic software yang digunakan saat router mulai dinyalakan
· Non-Volatile RAM (NVRAM), sebagai penyimpan startup configuration
· Flash Memory, berisi tentang operating system
· Interfaces, contoh jenis interface yaitu Ethernet, Serial Interfaces, dan management interfaces

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa sebuah Router mempunyai kemampuan routing yang artinya perangkat ini secara otomatis dapat mengetahui kemana saja rute perjalanan informasi atau paket akan dilewatkan. Jika paket-paket tersebut memang untuk host pada network lain maka Router akan meneruskannya ke network tersebut. Dan sebaliknya, bila paket informasi ditujukan untuk host dengan network yang sama, maka Router akan menghalangi paket-paket keluar.

Lantas apa itu Router ISR? ISR adalah singkatan dari Integrated Switch Router yang merupakan istilah lain untuk Router dengan fungsi switching serta sebuah wireless access point. Menurut arti lainnya, ISR ialah kombinasi fitur sebagai fungsi routing dan switching, voice, security, koneksi LAN dan WAN ke dalam alat tertentu, sehingga ISR mempunyai fungsi yang melebihi fungsi Router pada umumnya, yakni Router ISR mampu terkoneksi ke LAN dan juga MAN (Metropolitan Area Network).

Perbedaan mendasar Router ISR dengan Router biasa adalah ISR mencakup semua kecerdasan dan koneksi untuk mendukung telephone (Voice over IP) dan sejumlah komponen khusus lainnya seperti Intrusion Prevention. Cisco menciptakan istilah untuk membedakan produk mereka dari vendor Router yang lain. Selain Router ISR, ada pula Cisco ASR (Agregasi Layanan Router) dan Cisco CSR (Carrier Routing System).