Seputar Tekno

Apa itu PTR (Pointer Record)?

PTR singkatan dari Pointer Record atau sering juga disebut dengan Reverse DNS Record, merupakan salah satu fitur penting terutama jika Anda sedang melakukan setup mail server. Banyaknya keluhan mengenai mail server yang menolak penerimaan email dari mail server yang tidak memiliki PTR. Itulah betapa pentingnya PTR karena dapat menghubungi pihak yang memberikan IP Adress saat Anda menggunakan mail server. Dengan kata lain, Anda mungkin perlu menghubungi pihak ISP atau penyedia hosting.

Apa itu PTR (Pointer Record)

PTR menghasilkan nama hostname dari alamat IP, berbeda dengan sistem kerja A records yang digunakan untuk mendapatkan IP dari suatu hostname. Lantas alasan mengapa PTR Records menjadi penting, karena sebagian besar para Spammer menggunakan IP public non eligible alias bukan IP public miliknya sendiri. Terkadang Spammer menggunakan hostname orang lain, menggunakan mail server open relay atau bahkan menyamar menjadi server email lain. PTR memastikan bahw suaty hostname merupakan milik sah suatu mail server. Itulah kenapa seringkali pesan yang masuk ke email Anda, masuk dibagian “Spam”.

Misalnya ada suatu mail server dengan nama mail.gaptex.com memiliki IP Public 125.165.xyz.xyz, hasil PTR terhadap 125.165.xyz.xyz harusnya menghasilkan nama hostname mail.gaptex.com. Berdasarkan mail server tersebut bisa di anggap sebagai pemilik sah hostname yang dikandungnya.

PTR atau Reverse DNS Zone memang bukan satu-satunya penyebab mail server di blacklist sebagai spam, tapi jika kita ingin memastikan mail server Anda yang menggunakan IP public di anggap eligible, PTR merupakan salah satu syaratnya. Jika Anda tidak melakukan setup PTR di mail server kita melainkan diserahkan pada ISP, Anda bisa meminta pihak ISP tuk membuatkannya. Katakan saja pada mereka untuk membuat Reverse DNS Zone terhadap nama domain atau mail server yang Anda miliki. Jangan lupa, ISP yang dimasud ialah ISP koneksi internet bukan ISP pemilik hosting.

Namun, apabila Anda tidak ingin melakukan setup PTR atau Reverse DNS Zone, Anda bisa memilih opsi ISP relay untuk mail server yang Anda miliki.

Semoga bermanfaat!