Seputar Tekno

Apa itu Propagasi DNS?

Beberapa masalah yang sering Anda jumpai setelah melakukan order domain yaitu tidak bisa mengakses domain di saat layanan sudah aktif. Hal itu sering disebut dengan Propagasi DNS (Domain Name System). Propagasi DNS mempunyai artian sebagai waktu yang dibutuhkan oleh domain untuk dapat tersambung dengan server. Biasanya waktu propagasi DNS sendiri hingga 1×24 jam, namun bisa juga sampai 2 hari tergantung domain yang memiliki banyak variasi. Jika domain sudah melawati masa propagasi DNS, maka domain tersebut sudah aktif dan dapat di akses.

Apa itu Propagasi DNS

Ada macam-macam faktor yang mempengaruhi terjadinya Propagasi DNS, di antaranya sebagai berikut:
· Umur Domain Name, yakni semakin baru nama domain yang dipakai maka semakin lama pula membutuhkan waktu untuk melakukan Propagasi DNS.
· Internet Service Provider. Walaupun ISP jarang mempengaruhi Propogasi ISP namun seringkali ISP yang digunakan oleh pengguna melakukan penyesuaian terhadap DNS yang baru aktif pada kondisi tertentu.
· Registrar, yaitu data domain name tercatat di registrar atau server domain name. Bila Anda melakukan pergantian hosting, maka registrar akan mengganti data tentang alamat IP server hosting Anda yang baru.

Dan berikut ini ada beberapa cara mempercepat proses propagasi domain ke server yang baru:
· Refresh dari web browser dengan tekan tombol keyboard CTRL+F5 secara bersamaan. Jika masih belum tersambung, lakukan langkah berikutnya.
· Bersihkan cache web browser Anda. Setelah itu, cobalah mengakses domain name Anda. Jika masih belum bisa, lakukan lagi langkah berikutnya.
· Putuskan koneksi internet, matikan komputer/laptop dengan jangka waktu lama sekitar 3 sampai 4 jam. Setelah itu, nyalakan lagi komputer Anda dan sambungkan koneksi ke internet.

Semoga berhasil!