Seputar Tekno

Apa itu NetCut?

Pernahkah Anda merasa tiba-tiba koneksi WiFi gratis menjadi lambat karena saking banyaknya pengguna memakai jaringan yang sama? Hal ini tentu saja menyengkelkan, apalagi tidak lama kemudian, koneksi tersebut putus secara mendadak membuat kita tidak bisa mengakses internet lagi. Kenapa bisa seperti itu? Padahal nama jaringan WiFi-nya masih ada dengan sinyal yang kuat pula. Jawabannya adalah, pemilik WiFi tersebut menggunakan NetCut. Lantas apa itu NetCut? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu NetCut

Pengertian NetCut
NetCut merupakan sebuah aplikasi khusus yang biasanya beroperasi pada Sistem Operasi Windows untuk memutuskan koneksi internet para pengguna di area jaringan WiFi, LAN atau Hostpot. NetCut juga sering disebut dengan ‘aplikasi jahil’, karena memang banyak orang yang melakukan NetCut sekedar ingin bersenang-senang melihat ekspresi orang yang kesal karena terputus jaringan internet secara tiba-tiba.

Baca juga: Cara Mengetahui & Mengatasi Pengguna NetCut

Umumnya, NetCut bekerja pada Address Resolution Protocol (ARP) spoofing. Sistem kerja dari NetCut tersebut adalah dengan menjadikan komputernya sebagai gerbang atau gateway pada jaringan. Hal ini dapat menjadikan komputer pengguna NetCut bebas menentukan siapa saja yang ingin bergabung pada jaringannya dan juga bisa membuat user lain terputus koneksi internet.

Fitur NetCut
Netcut memiliki banyak fitur menarik, mari kita lihat beberapa diantaranya:
1. Lihat Siapa yang Terhubung ke Jaringan Anda
Fitur ini menunjukkan kepada Anda siapa saja yang terhubung ke jaringan kapan saja, jadi jika Anda melihat seseorang yang tidak berwenang menggunakan jaringan di antara daftar ini, Anda tahu bahwa Anda telah di-hack.

2. Temukan Alamat MAC dari Semua Perangkat yang Terhubung
Fitur ini memungkinkan Anda untuk menemukan dan menyimpan semua alamat MAC yang pernah terhubung ke jaringan Anda.

3. Mengaktifkan dan Menonaktifkan Perangkat
Fitur ini memungkinkan Anda untuk menghidupkan atau mematikan perangkat yang terhubung ke jaringan Anda. Ini berarti, jika Anda orang tua, dan anak Anda menggunakan perangkatnya tanpa seizin Anda, Anda bisa menggunakan alat ini, dan mematikan perangkat. Atau jika Anda jauh dari perangkat dan membutuhkannya untuk dihidupkan, untuk beberapa alasan, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan alat ini.

4. Menugaskan kembali Alamat MAC
Mengingat bahwa Anda telah menerapkan filter alamat MAC, dan Anda perlu sering-sering mengubah daftar, Anda perlu mengingat alamat MAC, sehingga Anda dapat memberi nama pada alamat MAC, dan alat akan mengenali alamat mana yang sedang Anda atur saat menggunakan nama itu.

5. Penggunaan Bandwidth Kontrol
Fitur ini memungkinkan Anda menolak akses ke pengguna yang melanggar persyaratan umum penggunaan jaringan. Jadi, jika seseorang menghabiskan terlalu banyak bandwidth Anda, dengan NetCut, Anda bisa langsung menendang mereka keluar dari jaringan.

Mengenal Lebih Jauh Apa itu NetCut
Tidak ada pengetahuan jaringan yang dibutuhkan untuk menggunakan alat ini, cukup jalankan dan Anda akan melihat semua nama IP dan MAC dan perangkat di jaringan Anda, maka Anda dapat mengontrol, mengubah MAC, menghidupkan, mematikan dengan hanya mengklik tombol. Juga tinggalkan saja background yang bisa dilewati sehingga melindungi Anda dari serangan spoof ARP.

NetCut adalah solusi yang tepat dalam membantu Anda untuk admin jaringan yang berdasarkan protokol ARP. Hal ini dapat menjalankan beberapa tugas sebagai daftar tabel IP-MAC dalam hitungan detik, matikan jaringan pada komputer manapun di LAN Anda termasuk perangkat seperti router atau switcher. Selain itu, NetCut dapat melindungi pengguna dari serangan ARP SPOOF. Sementara itu, NetCut sangat mudah digunakan. Anda hanya memerlukan satu klik untuk melindungi fungsi komputer pengguna. Tak ada seorang pun di jaringan bisa memotong Anda dengan teknologi spoof ARP lagi.

Tidak ada yang bisa melacak apa yang terjadi
Sekarang mudah untuk berbagi koneksi internet broadband Anda dengan teman dan tetangga Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah sebuah router dimana semua komputer akan terhubung melalui kabel atau password nirkabel yang diamankan. Dan jika Anda melakukannya Anda harus mempertimbangkan manajemen jaringan untuk menghindari masalah kecil yang berbeda yang mungkin terjadi jika seseorang di anggota LAM mencoba menyalahgunakan bandwidth. Bagaimana dia bisa melakukannya? Menggunakan P2P untuk mentransfer file besar, untuk menonton film streaming beresolusi tinggi atau untuk bermain game non stop.

Tapi kabar baiknya sudah ada di sini karena Anda bisa menggunakan Netcut, alat klasik, tapi mudah untuk digunakan. Dengan Netcut, Anda dapat mengatur kejadian tersebut dengan benar dan mengatur jaringan Anda menggunakan protokol ARP. Jalankan saja utilitas kecil ini dan Anda bisa mencantumkan semua alamat MAC untuk semua komputer, maupun menghidupkan atau mematikannya atau untuk menghidupkan atau mematikan router.

Selanjutnya, Netcut menjadi solusi perlindungan yang sangat bagus untuk serangan spoof ARP, sehingga Anda bisa menjauh dari jenis serangan ini. Netcut juga mampu bekerja dengan semua versi Windows, dimulai dengan XP. Kita harus menyebutkan juga bahwa solusi ini gratis. Kami sangat menyarankan agar Anda menggunakannya dengan benar dan TIDAK menyalahgunakan kemampuannya.

Apa yang baru di NetCut versi 2.1.4:
– Dukungan windows 7 64 bit. Paket driver dan Install telah diupgrade dan telah diuji bekerja di bawah windows 7 baik 32 bit dan 64 bit OS.
– Dukungan mengubah alamat MAC pada adaptor apapun, termasuk nirkabel.
– Dukungan Clone MAC address dari PC manapun yang dipantau NetCut.
– Deteksi Versi terbaru secara otomatis

Cara Menggunakan NetCut
Cara mengetahui apakah ada pengguna yang memakai NetCut pada jaringan, sebenarnya sedikit sulit. Karena apabila seorang user NetCut sudah memulai aksinya, maka hal yang sebaikan dilakukan yaitu men-scan semua IP Adress atau MAC Address yang tercatat pada jaringan tersebut. Bisa dengan aplikasi khusus yang sudah Anda miliki atau dengan menggunakan Advance IP Scanner.

Kemudian bagaimana langkah-langkahnya untuk menggunakan NetCut? Sebenarnya cukup mudah yaitu dengan cara mendownload dahulu Software NetCut versi terbaru, lalu install dan jalankan software tersebut di komputer Anda. Kemudian, scan dan pilih IP atau hostname atau Mac Address client yang ingin diputuskan koneksinya dengan mengklik cut off.

Dalam hal ini, Anda harus berhati-hati jangan sampai memutuskan IP sendiri. Pengguna tersebut akan langsung terputus koneksi internetnya dari server sampai Anda membebaskannya kembali dengan cara mengklik Remuse atau mengganti IP Address-nya sendiri. Namun, bila komputer Anda yang menjadi korban NetCut, silahkan ganti IP Address yang baru.