Seputar Tekno

Apa itu Modem DSL?

Modem DSL atau Digital Subscriber Line merupakan perangkat yang berguna untuk menghubungkan komputer atau laptop ke internet. Modem DSL mampu menyediakan akses internet yang cepat  karena dirancang untuk digunakan dengan koneksi berkecepatan tinggi. Modem ini juga berfungsi untuk menerima dan mengirimkan data dengan teknologi digital melalui suatu jaringan khusus yang terus-menerus tersedia untuk keperluan internet atau secara fisik dengan memakai kabel telepon.

Apa itu Modem DSL

Dalam modem DSL, data yang dikirim atau diterima berupa data digital sehingga akses internet lebih cepat bila dibandingkan dengan modem analog. Ada dua jenis DSL yakni ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) dengan kecepatan download lebih cepat daripada upload, dan SSL (Symmetric Digital Subscriber Line) yang memiliki kecepatan download sama dengan kecepatan upload. Dengan menggunakan koneksi modem DSL, di anggap jauh lebih cepat daripada koneksi dial-up internet. Selain kecepatannya, layanan DSL juga memungkinkan pengguna untuk berbicara di telepon saat mengakses internet.

Sebuah ethernet DSL modem bisa digunakan pengguna komputer secara langsung atau untuk yang  memiliki jaringan PC. Router dapat digunakan untuk memungkinkan lebih dari satu komputer untuk menikmati koneksi internet yang sama. Router yang digunakan harus mencakup Network Address Translation (NAT). Sebaliknya, bila modem USB direkomendasikan untuk digunakan dengan satu komputer saja. Biasanya, modem tersebut akan terhubung langsung melalui port USB yang tidak mendukung router.

Modem DSL banyak tersedia dipasaran dan dapat dibeli dari toko elektronik, komputer ataupun department store. Perangkat ini juga tersedia secara online dari berbagai perusahaan distributor dan penjual swasta. Seringkali, modem DSL dijual dengan kabel yang diperlukan, power supply dan filter dalam satu paket.

Di Indonesia sendiri, modem DSL diperkenalkan oleh PT. Telkom untuk mendukung ISP buatan Telkom yakni Speedy, yang menggunakan jaringan telepon rumah untuk dapat melakukan koneksi dengan dunia internet. Dalam penggunaanya, mungkin saat ini modem DSL sudah sangat jarang digunakan mengingat telah banyak ISP yang memakai pemancaran sinyal secara wireless sehingga tak perlu lagi menggunakan telepon rumah dalam mengaplikasikannya untuk mengoneksi internet.